PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Gubernur: Prestasi SMK adalah Banyak Lulusan Diterima di Dunia Kerja

          Gubernur: Prestasi SMK adalah Banyak Lulusan Diterima di Dunia Kerja
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menegaskan prestasi paling tinggi dari SMK adalah tingginya persentase lulusannya yang diterima di dunia kerja.

"Semakin banyak lulusannya yang diterima di dunia kerja maka bisa dikatakan prestasinya semakin baik, karena orientasi SMK adalah dunia kerja," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat membuka Rumah Tahfizh Baitul Ulum dan Workshop Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMKN 1 Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu, 9 Oktober 2021.

"Untuk mencapai tujuan itu kepala sekolah bisa berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan atau Nagari untuk mengkapitalisasi potensi perantau dan masyarakat yang memiliki kemampuan finansial di daerahnya," ujar gubernur.

Dengan komunikasi yang baik perantau yang mendapatkan rezeki berlebih diyakini bersedia membantu anak kemenakannya yang lulus dari SMK untuk mendapatkan pekerjaan.

Mungkin dengan membawa lulusan SMK bekerja pada usaha yang dimiliki perantau atau masyarakat sekitar. Atau bisa juga dengan menyediakan akses modal bagi lulusan yang dinilai mampu untuk mendirikan usaha sendiri.

Selain itu kepala sekolah juga harus bisa membangun jaringan dengan dunia usaha sehingga bisa mencarikan peluang bagi lulusannya yang memiliki skill dan kemampuan untuk segera mendapatkan pekerjaan.

"Kita berharap juga peran dari camat dan Wali Nagari agar membantu mengkomunikasikan dengan masyarakat ekonomi mampu dan perantau untuk bisa membantu anak kemenakannya yang lulus dari SMK agar segera mendapatkan pekerjaan," kata Mahyeldi.

Ia menyebut dalam masa pandemi pemerintah memiliki banyak keterbatasan. Banyak anggaran yang dialihkan untuk penanganan COVID-19 karena itu sekolah harus bisa mencari solusi untuk bisa terus meningkatkan kualitas lulusannya. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...