Gubernur Sumbar: Festival PKD Sumbar Bisa Menjadi Pengingat Bagi Generasi Muda

BENTENGSUMBAR.COM - Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya akan tradisi seni dan budaya. Kesenian daerah yang tergolong menarik dan unik, merupakan aset yang perlu dilestarikan. Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Datuak Marajo membuka Festival Pekan Budaya Daerah (PKD) 2021 yang diselenggarakan di Taman Budaya, Jumat, 1 Oktober 2021.

"Harus diakui modernisasi telah mengantarkan bangsa ini menjadi lebih maju dari sebelumnya, baik itu dari segi manfaat teknologi, pemikiran, atau budaya kerja," sambutnya.

Namun tidak dipungkiri westernisasi telah menempatkan masyarakat untuk mengadopsi dan dalam pengaruh budaya barat, seperti gaya hidup, gaya makan dan pakaian, bahasa dan alfabet, agama dan filsafat, bahkan sampai pada nilai–nilai kehidupan. 

"Bisa kita lihat di era digital yang telah lahir sebuah generasi yang bernama millennial dan gen zi (generasi z)  dengan segala karakteristiknya. Seperti ingin serba instan, berpikir pragmatis, kurang sopan santun, dan permisif terhadap kultur barat," ungkapnya.

Budaya yang mengutamakan sopan santun dan menghormati, kebersamaan dan gotong royong, rendah hati dan sederhana. Budaya adalah benteng moral bangsa. Dia mewakili identitas bangsa, sedangkan penjaganya adalah para pelaku budaya.

"Kita semua patut berbangga dengan diselenggarakannya PKD Sumbar Tahun 2021, merupakan momen pengingat bagi generasi muda kita akan budaya dan nilai-nilai luhur yang ada di daerah kita," kata Mahyeldi.

Disisi lain, Gubernur menyampaikan kegiatan  Festival PKD ini merupakan upaya strategis dalam mengangkat dan menggali potensi budaya yang ada di Sumbar beserta upaya merawat ingatan tentang eksistensi Kebudayaan lintas generasi dan lintas etnis yang ada di Sumbar melalui tangan-tangan kreatif para seniman. 

Gubernur Mahyeldi berharap melalui kegiatan PKD ini dapat memberikan dampak positif bagi para seniman dan budayawan yang terlibat, hal sejalan dengan tema peringatan Hari Jadi Sumatera Barat, yaitu, tema "Dengan Semangat Hari Jadi Sumatera Barat ke-76, Kita Wujudkan Sumatera Barat Madani melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19". (nov)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »