Jokowi Sebut Banyak Pekerjaan yang Bakal Hilang, Salah Satunya Insinyur

BENTENGSUMBAR.COM - Suka tidak suka, perkembangan teknologi akan membuat makin banyak jenis pekerjaan menghilang. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pekerjaan seorang insinyur bisa saja hilang digantikan teknologi robot.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberi pembekalan kepada alumni Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII dan peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII Tahun Ajaran 2021 Lemhanas RI di Istana Negara, Jakarta.

"Pendidikan tinggi kita ini harus memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan talentanya. Jangan dipagari oleh program studi di fakultas yang justru membelenggu," ucapnya dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 13 Oktober 2011.

Menurut Jokowi, sistem pembelajaran kebdepan akan hybrid. Mulai dari hybrid knowledge, hybrid skill, dan lain sebagainya. 

Karena itulah mahasiswa harus memahami banyak ilmu pengetahuan dan tidak terbatas pada pilihan program studinya semata.

"Sehingga yang namanya mahasiswa harus paham semua. Paham matematika, paham statistik, bahasa, ilmu komputer. Dan bahasa itu bukan bahasa Inggris saja tapi bahasa coding lebih penting lagi ke depan," imbuhnya.

Ke depan, kata Jokowi, juga akan banyak jenis pekerjaan baru yang hilang, tapi pada saat yanf sama muncul model pekerjaan baru. Ia mencontohkan dahulu pekerjaan seperti kasie sangatlah penting.

"Sekarang para pemilik uang mengelola sendiri uangnya dengan e-payment. Credit assesor sangat banyak tapi sudah terjadi dan ke depan akan lebih banyak terjadi lagi, akan berubah menjadi fintech. Penterjemah sudah sangat mudah sekali sekarang dan ke depan akan menajdi aplikasi translation. Insinyur bisa diganti nantinya, hati-hati dengan advanced robotic," paparnya.

"Oleh sebab itu kita sendiri dan anak-anak kita, mahasiswa kita harus disiapkan untuk selalu siap belajar, siap menghadapi perubahan," tutupnya. (Idxchannel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »