PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Puan Maharani Ajak Masyarakat Berwisata Aman di Masa Pandemi

          Puan Maharani Ajak Masyarakat Berwisata Aman di Masa Pandemi
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani ajak masyarakat untuk berwisata dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Puan menyatakan pendapatnya terkait tempat wisata yang sudah mulai buka dan diminati wisatawan, sementara itu pandemi Covid-19 memang belum berakhir.

“Saya mendukung bangkitanya industri pariwisata dan menggeliatnya destinasi wisata. Sesungguhnya berlibur boleh-boleh saja, akan tetapi kita juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku sebaik mungkin. Terlebih lagi, jika ingin berwisata seperti sekarang ini tentu berbeda jauh dengan di masa sebelum pandemi,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Puan memang tidak menyangkal bahwa pembukaan tempat wisata menjadi kabar baik bagi banyak orang. Apalagi karena selama pandemi, sektor ini benar-benar terkena pukulan telak. Namun, Puan meminta agar pelancong terus menjaga diri dan menerapkan prokes ketat dalam setiap perjalanan.

Misalnya saja, Puan melanjutkan, memastikan tempat tujuan, seperti hotel, penginapan, restoran, dan objek wisata sudah memiliki sertifikat CHSE. Ini merupakan sertifikat yang mengharuskan pelaku usaha di sektor wisata memiliki standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan yang bersifat berkelanjutan.

Selain itu, Puan mengingatkan agar selalu melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu sebelum bepergian. Hal ini untuk memastikan bahwa ketika bepergian, kita dalam keadaan sehat dan terbebas dari virus corona. Jangan sampai kita malah membawa virus untuk orang lain selama perjalanan.

Terlebih, saat ini juga berbagai tempat wisata umumnya akan mewajibkan untuk melakukan rapid test antigen atau PCR test. Rutin tes, kata Puan, bisa melindungi orang lain yang juga akan berwisata ke tempat yang sama nanti.

“Pastikan kita tidak sakit saat bepergian. Badan kita harus dalam keadaan sehat dan prima. Bukan apa-apa, jika berlibur dalam kondisi badan sedang sakit, yang ada daya tahan tubuh malah akan menurun. Jika kondisi badan sedang lemah, imun akan menurun dan malah memudahkan kita terpapar virus Covid-19,” kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Puan kemudian menyarankan untuk selalu memilih tempat wisata dengan sirkulasi udara yang bagus.  Bila memilih tempat yang tidak ramai dan berada di luar ruangan, bisa menjamin kita lebih bisa menjaga jarak antara pengunjung satu dengan yang lainnya. Utamakan tempat berlibur yang areanya luas, seperti pantai, perkebunan, gunung, dan sejenisnya.

Selain itu, Puan melanjutkan, ada baiknya selalu melihat kabar terbaru tentang kasus positif Covid-19 di kota tujuan. Setiap kota memiliki zona yang berbeda dalam penyebaran virus corona. Jadi, pastikan untuk terlebih dahulu mengetahui bagaimana tinggi dan rendahnya kasus yang paling terkini.

“Berwisata boleh, tapi tentu harus mengutamakan keselamatanmu. Apalagi bepergian di tengah pandemi seperti sekarang ini. Kesehatan tetap paling utama,” kata Puan.

Puan juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan di tempat yang akan dikunjungi nanti. “Pastikanlah selalu mengenakan masker dua lapis dan membawa hand sanitizer ke mana pun, karena tidak semua tempat menyediakan tempat mencuci tangan. Walaupun sudah memakai masker dua lapis juga  tetap bawa masker cadangan agar selalu bersih,” kata mantan Menko PMK itu.

Puan juga mengimbau untuk selalu berhati-hati saat makan di luar rumah. Untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19, bawalah peralatan makan sendiri, seperti sendok, garpu, pisau makan, dan sebagainya. Menurut Puan, lebih baik memang memastikan kebersihan sesuatu yang kita gunakan agar lebih ketat menjaga kesehatannya.

Puan terus mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dan mengulangi lagi kasus lonjakan Covid-19 beberapa bulan lagi. Lonjakan kedua itu sangat tinggi dan memakan banyak sekali korban. Puan meminta agar masyarakat taat prokes agar jangan sampai lebih banyak lagi masyarakat yang menjadi korban virus corona.

“Kita jangan sampai lengah, jangan pernah lelah untuk menjaga kesehatan dan taat prokes. Jangan sampai terulang lagi kejadian beberapa bulan lalu, di mana banyak keluarga, teman, sanak, saudara kita yang menjadi korban Covid-19. Sekarang ini kita beraktivitas dengan penuh kehati-hatian untuk menjaga kesehatan bersama,” tutur Puan.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...