Tokoh Papua: Kasihan Ganjar Tidak Dibelain Oleh Petinggi Partainya

BENTENGSUMBAR.COM - Tokoh Papua Christ Wamea merasa kasihan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pasalnya, kata Christ Wamea, Ganjar Pranowo tidak mendapat pembelaan dari petinggi partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pernyataan Christ Wamea tersebut menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Menurut Hasto : Ganjar pemimpin yg ditentukan survei. Kasihan Ganjar tdk dibelain olh petinggi partainya," cuit  Christ Wamea melalui akun twitternya @PutraWadapi, Ahad, 24 Oktober 2021, seperti dikutip BentengSumbar.com.

Dilansir dari Kompas.tv, Hasto Kristiyanto mengatakan, pemimpin tidak hanya ditentukan dari elektabilitas versi survei, tapi juga harus jadi sosok yang berani dalam mengambil keputusan.

Hasto menegaskan, PDIP mencari sosok tersebut, yang berani mengambil tanggung jawab, meski harus menanggung beban berat.

“Kita mencari sosok pemimpin yang berani mengambil tanggung jawab, berani mengambil keputusan meski dia pahit,” terang Hasto di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa saat ini pihaknya tidak mencari sosok yang menyenangkan semua pihak. Tapi sosok yang bisa menyelesaikan berbagai tantangan di depan.

“Tantangan-tantangan internasional, ketegangan di Laut Tiongkok Selatan, krisis di Timur Tengah yang belum selesai, dan beban dari kebijakan fiskal kita terhadap utang akibat pandemi ini,” jelas Hasto.

Kata dia, hal-hal berat tersebut menjadi tanggung jawab bagi pemimpin yang akan datang. "Jadi pemimpin itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Hasto juga menegaskan, keputusan siapa calon presiden yang diusung di pemilu presiden (Pilpres) 2024, ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Siapa pun kader yang tidak disiplin soal kebijakan PDIP terkait pilpres, dipersilakan keluar dari partai.

“Bagi mereka yang tidak memahami aspek strategis tentang pentingnya menyiapkan pemimpin bagi masa depan bangsa dan negara dan hanya mau bertindak sendiri tanpa disiplin, boleh saja kalau mau keluar dari partai,” katanya.

Hasto menekankan berdasarkan Kongres PDIP, keputusan kandidat Pilpres 2024 berada di tangan Megawati. Kader partai pun saat ini diminta fokus untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

"Kami telah menegaskan bahwa berkaitan siapa capres dan cawapres berdasarkan Kongres V di Bali, Ibu Megawatilah yang akan mengambil keputusan," ujar Hasto.

Selaku Sekjen, Hasto menyadari ada sejumlah kader PDIP yang mendorong sosok untuk diajukan di Pilpres 2024, sebelum menunggu keputusan dari Megawati.

Salah satu pihak yang meneriakkan isu itu ialah Ketua DPC Solo FX Hadi Rudyatmo. Hasto menilai eks Wali Kota Solo itu seharusnya mengetahui aturan main yang berlaku di PDIP.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.id, elektabilitas Ganjar menyamai Prabowo dalam survei Pemilu 2024. Keduanya sama-sama memiliki tingkat elektabilitas sebesar 13,9 persen.

Sedang Gubernur DKI Jakarta berada satu tingkat di bawahnya dengan elektabilitas sebesar 9,6 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Bestian Nainggolan menerangkan, hasil elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan hasil survei April lalu.

Saat itu Ganjar hanya meraih elektabilitas sebesar 7,3 persen dan berada di bawah Prabowo dan Anies. Namun saat ini, elektabilitas Ganjar menyamai Prabowo dan justru unggul di atas Anies.

Adapun survei dilakukan Litbang Kompas pada 26 September hingga 9 Oktober 2021 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi melalui metode wawancara tatap muka. (by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »