PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Umat Islam Dilarang Bersahabat dengan Orang Non-Muslim? Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah: Jangan Sampai Jadi Teman Dekat!

          Umat Islam Dilarang Bersahabat dengan Orang Non-Muslim? Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah: Jangan Sampai Jadi Teman Dekat!
BENTENGSUMBAR.COM – Seorang penceramah Islam lulusan Universitas Islam Madinah, Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA menjelaskan bagaimana hukum umat Islam bersahabat dengan orang non-muslim.

Dia langsung memberikan contoh bagaimana Rasulullah menyampaikan nasihat “laa tu sahib illa mukminan”.

Dalam penggalan surah Al-Maidah Ayat 51 itu artinya janganlah umat Islam mempunyai hubungan istimewa atau bersahabat kecuali dengan orang yang beriman.

Hal tersebut disampaikan oleh Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah dalam sebuah unggahan video dari kanal YouTube Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam berjudul “Konsultasi Syariah: Bolehkah Berteman dengan Non Muslim? - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA."

Ustaz yang lulus dengan predikat “Summa Cumlaude” tidak melarang apabila ada umat Islam yang sekadar berteman biasa di lingkungan kampus.
Hanya saja di dalam Islam menurutnya sama sekali tidak diperbolehkan umat Islam berteman dekat apalagi bersahabat dengan orang non muslim.

“Lama kelamaan, tatkala kita melihat perbuatan-perbuatan kekufuran dia kita jadi biasa. Tidak ada yang awalnya kita benci kita malah bisa jadi cinta sama dia, itu yang ditakutkan,” kata Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah.

Kemudian dia menuturkan kalau umat Islam justru sangat diperbolehkan untuk berdagang bersama dengan orang non muslim dan bahkan Yahudi.

Menurutnya ketika seorang umat Islam bersahabat dengan orang non-muslim yang jadi bahaya adalah tidak aka nada yang mengingatkan untuk menunaikan ibadah sholat karena tidak ada sholat di agama lain selain Islam.

“Mungkin dia menghargai kita untuk sholat, iya ada, mungkin. Tapi menyuruh kita, maaf, ada hal-hal yang haram buat kita dan halal buat mereka sehingga kita mau tidak mau terpengaruh,” imbuhnya. (Poskota)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...