Wagub Sumbar Resmikan Perkuburan Minang di Komplek Bukit Minang Ternate

BENTENGSUMBAR.COM - Disela lawatannya dalam rangka Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional ke-XXVI ke Maluku Utara, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meresmikan Astana/pandam perkuburan bagi warga Maluku Utara keturunan Minang yang diberi nama Bukit Minang, di Ternate, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Mewakili Pemerintah Provinsi Sumbar, Audy merasa bangga pada warga minang Maluku Utara sekaligus menyampaikan ungkapan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Ternate yang sudah mendukung keberadaan orang Minang di Ternate selama ini.

"Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumbar berterimakasih pada Bapak Walikota yang sudah mengeluarkan ijin sehingga bukit minang bisa dijadikan tempat astana (perkuburan) masyarakat Minang. Ini juga wujud persatuan yang ditunjukkan oleh Ikatan Keluarga Minang Maluku, kami merasa sangat bangga sekali," ujar Audy.

Wali Kota Ternate Tauhid Soleman menyambut baik kehadiran Wagub Audy. Terkait keberadaan IKM Maluku, selama ini menurutnya selalu mendukung program Pemerintah Kota Ternate. Bahkan dari sisi ekonomi, keberadaan orang Minang sangat membantu sekali.

"Saya dengan orang Minang, bukan menjadi sesuatu yang asing. Dari kecil sudah terbiasa berbaur dengan orang Minang. Orang Minang sudah membuat perkuburan atau astana maka sudah melekat dan sudah diakui sebagai orang Ternate keturunan Minang," ungkap Tauhid.

Ketua DPW IKM Provinsi Maluku Utara, Ismi Anas,dalam sambutannya myampaikan terimakasih atas kehadiran wagub di Ternate dan menghadiri acara peresmian Bukit Minang.

Keberadaan Astana Bukit Minang menurut Ismi, tidak terlepas dari dukungan Pemerintah serta sumbangsih dari para anggota IKM Provinsi Maluku Utara yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang.

"Para pendahulu IKM sudah membina dan saling bahu membahu. Dimulai dalam pembuatan mushalla, lalu dibuat masjid yang diberi nama Masjid Imam Bonjol dan sekarang sudah terwujud pandam pekuburan urang minang yang ada di komplek Bukit Minang, Kota Ternate dengan luas 1 hektar," kata Ismi.

Turut Hadir mendampingi Wagub Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar Syaifullah Salim dan Sekretaris LPTQ Sumbar Mulyadi Muslim.

Laporan: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »