PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Wako Deri Asta Menghadiri Acara Hari Santri Nasional Di Pondok Pasantren Ababil Lunto Timur

          Wako Deri Asta Menghadiri Acara Hari Santri Nasional Di Pondok Pasantren Ababil Lunto Timur
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam pembangunan maupun pelayanan yang dilakukan Pemko Sawahlunto, perhatian dan dukungan yang diberikan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) dan sekolah berbasis keagamaan yakni MIN, MTsN sampai MAN dipastikan tidak kurang atau berbeda dari sekolah umum lainya,kwalitas belajar dan mengajar selalu di ke depan kan si Ponpes tersebut.

Sebab, seperti yang disampaikan Walikota Deri Asta, misi nomor satu Pemko Sawahlunto berbunyi ; menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik. Misi ini menjadi 'kompas' yang mengarahkan Pemko agar selalu memperhatikan dan mendukung sekolah - sekolah keagamaan yang ada di kota kita saat ini,dengan adanya sekolah keagamaan ini akan meningkatkan pedoman agama yang berintegritas tinggi nantiknya.

"Ada banyak perhatian dan dukungan Pemko untuk Ponpes dan sekolah keagamaan. Yang baru - baru ini, kalau untuk Ponpes Yayasan Ababil Lunto misalnya itu kita bantu mengajukan ke Kemnaker dan Alhamdulillah berhasil, yaitu telah dibangun Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas," kata Walikota Deri Asta, dalam sambutannya di Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Sawahlunto, pada Jum'at 22 Oktober 2021 tadi di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Lunto.dengan telah di bukanya BLK ini kita berharap bisa meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengikuti pelatihan ini dengan sunguh-sunguh.

BLK Komunitas di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Lunto ini membuka jurusan Teknik Informatika. Dengan jumlah peserta pelatihan sejumlah 12 orang/paket, dimana setiap paket berdurasi selama 1 bulan.  

"Sementara, untuk sekolah keagamaan lain, yakni MTsN, itu tahun 2020 kemaren Pemko Sawahlunto telah memberikan dana hibah sebesar Rp 600 juta untuk mendirikan tiga ruang kelas baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Lubang Panjang," kata Walikota Deri Asta. 

Artinya, kata Walikota Deri Asta, Pemko Sawahlunto berkomitmen dalam memperhatikan dan mendukung peningkatan kualitas sekolah - sekolah agama.

Hal ini pun diakui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Sawahlunto, Dedi Wandra, yang mengatakan mengapresiasi kontribusi Pemko Sawahlunto pada sekolah - sekolah agama. 

Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kota Sawahlunto dilaksanakan dengan upacara yang kemudian ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Dewan Pendiri Yayasan Ababil Lunto. 

Dewan Pendiri Yayasan Ababil Lunto yang menerima piagam penghargaan yang diserahkan Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Kakan Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra, yakni ; Buya H. Alamsyah, A.Ma, Yusnaldi, S.Pd, Nofri Hendra, S.Pd, Irwan, S.Pd.I., Defi Gusrita, S.Ag dan Arfitriati, S.Ag (diwakili H. Aras).

Dengan di berikan piangam ini kepada 6 orng tersebut bisa lebih meningkatkan ponpes yang lebih baik lagi untuk kedepannya. (Ochie)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...