PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

10 Deretan Pemimpin Dunia yang Pernah Dipermalukan di Depan Umum

          10 Deretan Pemimpin Dunia yang Pernah Dipermalukan di Depan Umum
10 Deretan Pemimpin Dunia yang Pernah Dipermalukan di Depan Umum
BENTENGSUMBAR.COM - Kehadiran para pemimpin dunia memang tak jarang menuai pro kontra. Tercatat beberapa pemimpin dunia pernah mendapat serangan dan bahkan dipermalukan di depan umum. Alasannya tentu saja beragam. 

Siapa saja para pemimpin dunia yang pernah mendapatkan perlakuan seperti itu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

George W Bush 

Mantan Presiden AS, George W Bush pernah mendapat serangan dari salah seorang wartawan Irak, Muntazer al-Zaidi. Pada waktu itu, al-Zaidi dengan sengaja melemparkan sepatunya kepada Bush. Aksinya kala itu pun menjadi sorotan dunia. 

Rupanya al-Zaidi memiliki alasan tersendiri kenapa dia melempar sepatu kepada Presiden AS Itu. Hal ini dikarenakan Bush adalah orang yang bertanggung jawab memerintahkan invasi ke Irak pada 2001 silam.

Untungnya Bush dapat menghindari lemparan sepatu yang dilayangkan kepadanya sembari berkelakar. "Saya berharap saya telah menangkap benda sialan itu,” kata Bush.

Nigel Farage

Nigel Farage, politisi populis Inggris pernah dilempari milkshake ketika sedang berjalan pada 2019 lalu. Dia adalah orang yang membantu memimpin kampanye Brexit. 

Insiden yang menimpanya itu bisa dibilang  merupakan satu dari rangkaian serangan 'milkshaking' terhadap tokoh sayap kanan.

John Prescott

Pada 2001, Mantan Wakil Perdana Menteri Inggris, John Prescott pernah dilempari telur oleh pendemo. Namun, dia dengan cepat melemparkan tinjunya ketika telur hampir mendapat di wajahnya. 

John Prescott lalu balas memberikan pukulan dari tangan kirinya kepada seorang pekerja pertanian yang saat itu sedang melancarkan protes.

Jair Bolsonaro

Tahukah kamu kalau Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro pernah ditikam ketika sedang berkampanye pada Pemilu 2018 lalu. 

Akibatnya, Bolsonaro mendapatkan simpati publik yang luar biasa fair publik, alhasil masyarakat justru membantu menuju puncak kekuasaan.

Setelah ditikam, Bolsonaro bisa pilih dengan cepat. Di sisi lain, orang yang menyerangnya mengatakan mengatakan kalau dia sedang menjalankan misi dari Tuhan. 

Alhasil, si penyerang akhirnya dikirim ke rumah sakit jiwa dikarenakan diduga memiliki gangguan jiwa.

Silvio Berlusconi

Pada 2009, Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mengalami hari yang sangat sial. Apakah itu? Dia kehilangan setengah liter darah saat diserang di Milan setelah aksi unjuk rasa.

Akibatnya, Berlusconi kehilangan dua gigi dan hidungnya patah. Kondisi tersebut akhirnya memaksanya untuk menghabiskan waktu lebih lama dengan dokter gigi dan ahli bedah agar bisa mengembalikan kondisinya seperti sedia kala.

Helmut Kohl

Pada 1991, Mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl pernah saling baku hantam dengan para demonstran di Halle, Jerman timur. Dia dilempari telur, tomat, hingga cat. Beruntung petugas keamanan langsung melerai aksi tersebut sehingga tidak ada cekcok yang berarti. 

Fraser Anning

Pada 2019, Fraser Anning pernah mendapatkan serangan telur dari seorang warga Australia bernama Will Connolly. Dia memecahkan telur ke kepala Anning setelah komentar ofensif Anning terkait serangan Masjid Christchurch. Atas aksinya itu, Connolly justru dicap sebagai 
'pahlawan'. 

Namun, Anning akhirnya membalas dengan menempeleng kepada Connolly. Atas insiden tersebut, Connolly pun diberi julukan 'Eggboy' alias bocah telur.

Emmanuel Macron

Pada Juni 2021 lalu, Presiden Perancis Emmanuel Macron pernah ditampar seseorang ketika sedang melakukan tur nasional. Dia ditampar saat mengunjungi Perancis Tenggara, tepatnya di pemberhentian keduanya dalam tur tersebut. Atas insiden ini, Macron menambah catatan sebagai pemimpin terbaru yang pernah diserang di depan umum.  

Raja Swedia

Raja Swedia dan sejumlah pemimpin disebut pernah  menjadi korban serangan pai krim atau strawberry tart pada beberapa tahun terakhir. 

Sebelum Raja Swedia, Mantan Perdana Menteri Kanada, Jean Chretien, juga pernah mendapat serangan tersebut.

Pada 2011, Rupert Murdoch diketahui juga pernah mendapatkan serangan pai ketika menghadiri rapat House of Commons di Inggris.

Puan Maharani 

Ketua DPR, Puan Maharani melakukan aksi menanam padi di area persawahan Sendangmulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), belum lama ini. Dia melakukannya di tengah kondisi hujan, yang kemudian menuai berbagai macam komentar pedas. 

Salah satu yang menyindirnya adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dia mengomentari aksi tanam padi Puan lantaran menurutnya petani tidak seharusnya menanam padi saat sedang turun hujan.

Tak hanya Susi, Puan juga mendapat sindiran dari Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Dia berkata kalau Puan belum belajar tentang Pencitraan 4.0. Alhasil, karena trending di media sosial, aksi Puan pun justru semakin dicibir oleh netizen. 

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...