PILIHAN REDAKSI

Gugatan Syafrial Kani cs Ditolak PN Padang, Pengurus KAN Pauh IX Lega: Ini Demi Marwah Nagari

BENTENGSUMBAR.COM - Akhirnya Pengadilan Negeri Padang memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi dan Zulhen...

Advertorial

Audy Joinaldy: Setiap OPD Garda Terdepan Penanggulangan Bencana

          Audy Joinaldy: Setiap OPD Garda Terdepan Penanggulangan Bencana
Audy Joinaldy: Setiap OPD Garda Terdepan Penanggulangan Bencana
BENTENGSUMBAR.COM - Potensi bencana di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) masuk kategori potensi tinggi terjadinya bencana. Selain kawasan pesisir pantai yang berpotensi terkena tsunami hingga bencana abrasi, wilayah Sumbar juga mempunyai kawasan perbukitan dengan potensi bencana tanah longsor tinggi.

"Makanya daerah Sumbar bisa dikatakan Super Market bencana," sebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy saat membuka kegiatan Diksar Teknis Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana yang di ikuti 30 siswa di Aula BPSDM Sumbar, Senin, 15 November 2021.

Pemerintah Sumbar saat ini sedang menggalakkan peningkatan kompetensi SDM aparatur seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemprov Sumbar. Langkah itu sebagai upaya memberikan pengetahuan terkait manajemen bencana dan penanggulangannya.

"Untuk itu saudara-saudara akan dibekali ilmu tentang penanggulangan bencana, manajemen kesiapsiagaan bencana, manajemen pengurangan risiko bencana, manajemen darurat bencana, manajemen pemulihan bencana. Termasuk informasi terkait bencana," kata Audy Joinaldy

Menurut Audy, bencana dapat datang kapan dan dimana saja, baik karena faktor alam maupun manusia. Dampaknya secara sosial, ekonomi dan lingkungan tentu bisa muncul. Sehingga perlu ada manajemen penanganan kebencanaan yang baik, terutama soal koordinasi serta kompetensi petugas.

"Melalui diklat ini, saudara-saudara menjadi garda terdepan penanggulangan bencana, tularkan ilmu sehingga masyarakat sadar dan awas terhadap bencana di wilayah sekitarnya. Sehingga, masyarakat lebih siap menghadapi bencana," ujarnya.

Bencana yang terjadi di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat, memberikan banyak pembelajaran bagi masyarakat, telah banyak menelan korban pengetahuan dan harta benda, karena kurangnya jiwa dan ketidaksiapan masyarakat dalam bencana.  

Salah satu kunci penting dalam penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Menanggulangi bencana terkait dengan Mitigasi Peringatan Dini dan kesiapsiagaan terhadap Bencana.

"Sehingga kecerdasan masyarakat terhadap bencana dapat ditingkatkan.  Sekaligus juga menjadi tanggung jawab Aparatur Sipil Negara untuk meningkatkan penanggulangan bencana," ungkapnya. (nov)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...