PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Colek Jokowi soal Garuda, Natalius Pigai: Saya Orang Awam Saja Ngerti Cara Bikin Sehat GIA

          Colek Jokowi soal Garuda, Natalius Pigai: Saya Orang Awam Saja Ngerti Cara Bikin Sehat GIA
BENTENGSUMBAR.COM – Mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai “mencolek” Presiden Joko Widodo alias Jokowi soal masalah Garuda Indonesia Airlines (GIA).

Natalius Pigai mengatakan bahwa bahkan dirinya yang hanya orang awam mengerti cara membuat Garuda Indonesia menjadi sehat.

“Saya orang awam saja ngerti cara bikin sehat GIA,” katanya melalui akun Twitter pribadinya pada Selasa, 2 November 2021.

Misal 1 cara: “PNS/ASN kita 4 juta, 1 tahun biaya SPPD wajib tiket Garuda dengan per orang 5 juta, maka 4 juta orang x 5 juta rupiah dapat Rp20 T/tahun. Ini sesuai SBU Kemenkeu. Tapi banyak pejabat ASN mafia ticket dan dipimpin Para koruptor. @jokowi,” lanjutnya.

Dilansir dari Sindo News, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengakui bahwa Garuda Indonesia sedang berada di ambang kebangkrutan.

Sebagaimana diketahui, maskapai pelat merah itu kini sedang terlilit utang puluhan triliun di tengah Pandemi Covid-19.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa kebangkrutan Garuda ini bisa menjadi kenyataan jika skema restrukturisasi utang yang menjadi opsi Kementerian BUMN tidak disepakati oleh kreditur.

Adapun nilai restrukturisasi utang yang ditargetkan pemegang saham sangat bombastik, yakni mencapai USD1,5 miliar atau setara Rp21,4 triliun (Kurs Rp 14,400 per dolar AS).

Sebagai catatan, saat ini utang emiten tercatat 4,5 miliar dolar AS atau mendekati Rp70 triliun.

“Memang ada risiko kalau proses restrukturisasi ini kemudian kreditor tidak menyetujui atau akhirnya banyak tuntutan-tuntutan legal terhadap Garuda Indonesia bisa terjadi tidak mencapai kuorum dan akhirnya bisa jadi menuju kebangkrutan. Ini yang kita hindari,” jelas Kartika, Jumat, 4Juni 2021. (terkini)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »