PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

El Salvador Berencana Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia

          El Salvador Berencana Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia
El Salvador Berencana Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia
BENTENGSUMBAR.COM - El Salvador berencana untuk membangun Kota Bitcoin pertama di dunia.

Dilansir dari BBC, Senin, 22 November 2021, kota ini akan dibangun di bagian tenggara wilayah La Union.

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan, kota tersebut akan menggunakan energi panas bumi dari gunung Conchagua untuk mendukung penambangan bitcoin.

Pada even promosi bitcoin tersebut, Bukele mengatakan, rencana pembangunan kota bitcoin pertama tersebut bakal meliputi beragam aspek.

"Mulai dari perumahan, wilayah perdagangan, jasa, museum, hiburan, bar, restoran, bandara, kereta, segalanya dan akan dikhususkan untuk bitcoin," ujar Bukele.

Untuk diketahui, El Salvador baru-baru ini mengadposi bitcoin sebagai alat transaksi yang sah. Negara Amerika Latin itu pun menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan bitcoin sebagai alat transaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Langkah tersebut menimbulkan protes besar-besaran dari penduduk setempat karena muncul kekhawatiran bitcoin bakal menimbulkan ketidakstabilan dan inflasi di negara tersebut.

Bukele pun menjelaskan, tidak akan ada pajak yang dipungut di Kota Bitcoin selain pajak pertambahan nilai (PPN).

Ia mengatakan, separuh dari pendapatan tersebut akan digunakan untuk membangun kota, sementara sisanya akan digunakan untuk perawatan jalan di kota.

Namun demikian, Bukele tak mengungkapan kapan proses konstruksi dan target pembangunan Kota Bitcoin tersebut bisa dirampungkan. 

Namun ia mengatakan, secara keseluruhan, pembangunan infrastruktur publik di kota tersebut bakal membutuhkan sektiar 300.000 bitcoin.

Saat ini, bitcoin diperdagangkan di sekitar 60.000 dollar AS per keping.
Untuk diketahui, proses penambangan bitcoin dan mata uang kripto lain dilakukan dengan menggunakan komputer canggih untuk menyelesaikan permasalahan matematika rumit. 

Biaya yang digelontorkan untuk menambang bitcoin cukup besar, serta prosesnya rumit dan memakan energi yang sangat besar.

Pemerintah El Salvador memperkenalkan bitcoin sebagai alat transaksi yang sah per September lalu. Penggunaan bitcoin sebagai alat transaksi dilakukan bersisian dengan dollar AS.

Kala itu, pemerintah merilis sebuah aplikasi dompet digital dan memberikan bitcoin senilai 30 dollar AS kepada penduduk setempat. Lebih dari 200 ATM bitcoin pun disediakan pemerintah di seluruh wilayah negara tersebut. (Kompas)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...