PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Hari Pahlawan 10 November 2021, Anak Bangsa Wajib Simak Pesan Penting Irwan Basir Datuk Rajo Alam Ini!

          Hari Pahlawan 10 November 2021, Anak Bangsa Wajib Simak Pesan Penting Irwan Basir Datuk Rajo Alam Ini!
Hari Pahlawan 10 November 2021, Anak Bangsa Wajib Simak Pesan Penting Irwan Basir Datuk Rajo Alam Ini.
BENTENGSUMBAR.COM - Memperingati Hari Pahlawan setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November merupakan upaya untuk menumbuhkan jiwa patriotisme di dalam diri setiap anak bangsa. 

Sebab, tujuannya adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

"Buah mangga buah pepaya, dibikin rujak pakai gula jawa. Para pahlawan rela korbankan nyawa, demi memerdekakan Tanah Air Tercinta," ungkap Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM., Ketua DPD LPM Kota Padang yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kota Padang melalui keterangan tertulis yang diterima BentengSumbar.com, Selaa, 9 November 2021.

Dikatakannya, hari pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. 

"Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”," katanya.

Menurutnya, maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu, membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. 

Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

"Pagi-pagi olahraga, olahraga ingin minum susu pisang  Meski raga pahlawan telah tiada, tapi namamu akan tetap dikenang," cakanya. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...