PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Hari Pahlawan, Anies Singgung Soal Pengkhianat Bangsa yang Cari Keuntungan Saat Pandemi: Mereka Akan Malu Bercerita kepada Anak Cucu..

          Hari Pahlawan, Anies Singgung Soal Pengkhianat Bangsa yang Cari Keuntungan Saat Pandemi: Mereka Akan Malu Bercerita kepada Anak Cucu..
Hari Pahlawan, Anies Singgung Soal Pengkhianat Bangsa yang Cari Keuntungan Saat Pandemi: Mereka Akan Malu Bercerita kepada Anak Cucu..
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal pengkhianat bangsa yang mencari keuntungan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menyelundupkan tabung oksigen hingga menimbun obat-obatan.
Hal itu dikatakan Anies saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di Halaman Balai Kota Jakarta, pada Rabu, 10 November 2021.

"Di pandemi ini kita menyaksikan orang-orang yang menyelundupkan tabung oksigen, orang-orang yang memeperjualbelikan obat, menyimpan obat, menimbun obat, mereka adalah orang-orang yang bukan saja pahlawan tapi mereka adalah pengkhianat bangsa," kata Anies.

Mantan Mendikbud itu lantas menyebut bahwa apa yang diperbuat saat ini akan menjadi cerita di masa depan.

Misalnya, pihak-pihak yang terbukti menimbun obat, oksigen, hingga mencari kesempatan dalam kesempitan di saat pandemi akan malu bercerita kepada anak cucu mereka kelak.

"Mereka yang memanfaatkan ini sebagai kesempatan ekonomi, 20 tahun lagi akan mencari cara menyembunyikan catatan itu semua. Mereka di depan anak cucunya pun malu bercerita atas peristiwa yang dijalani tahun 2020-2021," kata Anies.

Dalam memperingati Hari Pahlawan tahun ini, Anies berpesan perlunya untuk mengambil hikmah dan memprioritaskan kepentingan umum serta kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.

Hal ini karena selama hampir dua tahun Pemprov DKI Jakarta turut memperjuangkan pengendalian COVID-19, yang memiliki dampak di berbagai aspek kehidupan.

"Kita merasakan sebuah krisis kesehatan yang berdampak pada ekonomi, sosial-budaya, dan berbagai macam. Pada masa inilah kita menyaksikan begitu banyak pahlawan dan pribadi yang memilih untuk menyelamatkan sesama, dari mulai penanganan medis sampai yang mengurus pemakaman, memberikan pelayanan vaksinasi, hingga menyiapkan aplikasi untuk jutaan orang untuk bisa mendaftar divaksin," ujar Anies.

Menurut Anies, semua yang terlibat dalam penanganan COVID-19, khususnya di DKI Jakarta adalah para pahlawan saat ini. 

Hal ini karena siapa pun yang mementingkan kepentingan orang banyak di atas kepentingan dirinya, maka akan menimbulkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Di samping itu,Anies juga menerangkan bahwa Pemprov DKI akan membuat tradisi baru bahwa setiap 10 November akan memperingati Hari Pahlwan dengan berziarah ke makam MH. Thamrin, di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

"Tadi pagi kami bersama Bamus Betawi melakukan ziarah ke makam MH. Thamrin. Kita mengenal MH. Tamrin menjadi nama sebuah jalan paling utama di pusat kota Jakarta. Insya Allah, ini akan jadi tradisi baru, bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, di sanalah Muhammad Husni Tamrin dimakamkan," pungkas Gubernur Anies. (Era)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...