Keren! Cik Uniang Cik Ajo Padang Pariaman 2021 Ikut Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

BENTENGSUMBAR.COM - Ada peristiwa yang menarik ketika diselenggarakannya Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga – Disparpora Padang Pariaman pada Kamis – Sabtu (25 – 27/11/2021) di Grand Bunda Hotel Bukittinggi.

Kehadiran Cik Uniang dan Cik Ajo Padang Pariaman 2021 ini menambah meriah acara Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang dihadiri oleh 12 orang Wali Nagar, 12 orang Ketua Bamus – Badan Musyawarah Nagari dan 12 orang Ketua Pokdarwis Padang Pariaman.

Fajri Aulia dan Lailatul Rahmi merupakan Duta Wisata Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021. Mereka masuk 5 besar pada malam Grand Final pemilihan Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Tahun 2021 di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman, Jumat 15 Oktober 2021 malam. Sedangkan Calvin Danovand dan Harlita Novela terpilih sebagai Cik Uniang dan Cik Ajo Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021.

“Saya sangat senang mendapatkan kesempatan mengikuti Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata kali ini. Bergabung dengan para Wali Nagari, Ketua Bamus Nagari serta Ketua Pokdarwis Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 36 orang. Selama 3 hari ini banyak pengetahuan yang saya terima dalam menguatkan kepariwisataan di Kabupaten Padang Pariaman,” ungkap Lailatul Rahmi sebagai pemenang Harapan I Cik Uniang 2021.

Sementara Fajri Aulia sebagai pemenang III Cik Ajo 2021 memaparkan, “Materi yang diberikan oleh para narasumber menjadi hal yang baru bagi saya dalam menambah wawasan kepariwisataan. Apalagi dengan diadakannya Studi Tiru ke Wisata Kapalo Banda (Wakanda) Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar.”

Pada hari terakhir, Sabtu (27/11) dilakukan penandatangan Nota Kesepakatan (MoU) antara 12 Wali Nagari dengan Disparpora Padang Pariaman serta dilanjutkan dengan acara Studi Tiru ke Wisata Kapalo Banda (Wakanda) Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar.

Berikut ini 12 nagari yang mengikuti Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dengan utusan 3 orang per-nagari: 
1. Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung, 
2. Nagari Anduring Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, 
3. Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang, 
4. Nagari Sikucua Utara Kecamatan V Koto Kampung Dalam, 
5. Nagari Guguak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, 
6. Nagari Katapiang Kecamatan Batang Anai, 
7. Nagari Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan, 
8. Nagari Kayu Tanam Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, 
9. Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, 
10. Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging, 
11. Nagari Manggopoh Palak Gadang Kecamatan Ulakan Tapakis dan 
12. Nagari Toboh Gadang Timur Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.

Jon Kenedi – Kepala Disparpora Padang Pariaman memberikan arahan ketika berada di Wisata Kapalo Banda (Wakanda) Taram, “Disini kita dapat melakukan ATM yakni Amati, Tiru dan Modifikasi. Sesuaikan dengan keadaan yang ada di lokasi wisata kita guna meningkatkan kunjungan wisata sehingga tercapai peningkatan perekonomian warga masyarakat di sekitarnya.”

Terakhir, Ketua Pokdarwis Pantai Panjang Nagari Katapiang – Hardimus yang sering disapa Edi memberikan komentar, “Beberapa kali pelatihan kepariwisataan yang dilaksanakan oleh Disparpora Padang Pariaman selama tahun 2021, kali ini menjadi sangat istimewa. Bertemu langsung dengan para Wali Nagari dan Ketua Bamus di nagari masing-masing. Banyak hal yang kami diskusikan guna memperkuat kepariwisataan di Kabupaten Padang Pariaman.”

Panitia penyelenggara berikut peserta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Padang Pariaman diterima di lokasi Studi Tiru oleh Muhammad Yahdi sebagai Ketua Pokdarwis Kapalo Banda Taram yang termasuk dalam 100 Besar Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia – ADWI 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Lomba ADWI 2021 ini diikuti oleh 1.831 Desa Wisata dari seluruh Indonesia.

Laporan: H. Ali Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »