KKB Diduga Dapat Pasokan Senpi dari Papua Nugini, Beli Pakai Uang Hasil Jual Emas

BENTENGSUMBAR.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge diduga mendapat pasokan amunisi dan senjata api dari Papua Nugini. Dandim 1715 Yahukimo Papua Letkol Inf Cristian Irreuw mengatakan senjata tersebut mereka gunakan saat kontak tembak dengan anggota TNI di Suru-Suru, Yahukimo.

"Memang ada indikasi KKB mendapat pasokan dari PNG sehingga kontak tembak cukup lama, seperti yang terjadi di Koramil Persiapan Suru-Suru, Sabtu (20/11)," kata Cristian, Minggu (21/11/2021) dikutip dari Antara.

Dia mengatakan kontak tembak di Suru-Suru dilaporkan berlangsung dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 12.00 WIT.

Diketahui penyerangan KKB terhadap Koramil Suru-Suru, Sabtu pagi, menyebabkan satu personel TNI meninggal dunia dan seorang lainnya terluka.

Kontak tembak cukup lama namun belum diketahui jumlah serta kekuatan senjata yang digunakan saat itu. Dan apakah kedua korban tertembak saat itu berada di koramil atau di luar juga belum dapat dipastikan.

"Saya sudah minta anggota koramil membuat laporan lengkapnya," katanya.

Dandim menambahkan bahwa dari informasi yang diterima senjata api dan amunisi KKB itu dibeli dari hasil menjual emas hasil pendulangan.

Menurut dia, di Kabupaten Yahukimo memang ada beberapa lokasi pendulangan emas.

Ia mengakui pihaknya sudah memerintahkan kepada seluruh prajurit untuk bersiaga mengingat sebelum insiden penyerangan di Koramil Suru-Suru sudah ada informasi tentang KKB yang akan menyerang kodim dan pos-pos militer.

"Anggota saat ini bersiaga guna mengantisipasi terjadinya serangan-serangan di pos-pos, " kata Letkol Inf Irreuw.

Penyerangan KKB terhadap Koramil Suru-Suru, Sabtu (20/11) pagi, menyebabkan anggota TNI Sertu Ari Baskoro meninggal dunia, sementara Kapten Inf Arviandi mengalami luka-luka.

Keduanya saat ini sudah dievakuasi. Jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya dan selanjutnya ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah. 

Sedangkan Kapten Inf Arviandi yang menjabat Komandan Koramil Suru-Suru dirawat di RST Marthen Indey Jayapura, dilansir dari Kompas TV. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »