PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Pakar Pertanyakan Dasar Hukum Rencana Luhut Audit LSM

          Pakar Pertanyakan Dasar Hukum Rencana Luhut Audit LSM
Pakar Pertanyakan Dasar Hukum Rencana Luhut Audit LSM
BENTENGSUMBAR.COM - Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengatakan, rencana Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan yang akan mengaudit lembaga swadaya masyarakat (LSM) tak memiliki dasar hukum. 

Namun jika LSM tersebut mendapatkan pendanaan dari luar negeri, mereka harus memberikan laporan ke pemerintah.

"Gak ada tuh, kecuali mereka (LSM) mendapatkan dana bantuan luar negeri ya. Bukan audit, tapi laporan dari LSM," kata Margarito, dilansir dari Liputan6.com, Selasa, 16 November 2021.

Laporan itu berupa pemberitahuan mengenai kegiatan LSM yang diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan Bappenas RI. 

"Saya tidak terlalu jelas apa dasar hukumnya untuk pemerintah mengaudit LSM," katanya.

Amanat untuk menyerahkan laporan kepada pemerintah bagi LSM yang mendapatkan pendanaan dari luar negeri, menurut Margarito, tertuang dalam Undang-undang (UU) tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang (UU Ormas).

"Kalau enggak dapat dari luar negeri enggak apa-apa (tidak menyerahkan laporan). Apa yang mau diaudit," ujar dia.

Tapi jika LSM itu mendapatkan hibah pemerintah, lanjut Margarito, mereka wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban mengenai peruntukan dana hibah tersebut.

Margarito membaca semangat Luhut untuk mengaudit LSM lantaran pertarungan dengan orang-orang KontraS.

"Itu yang paling dekat untuk diidentifikasi sebagai penyebab terbesar dari gagasan itu," tandasnya.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara terkait polemik wajib PCR sebagai syarat menggunakan moda transportasi udara untuk bepergian.

Wacana Audit LSM

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan berencana untuk mengaudit LSM lantaran dianggapnya telah menyebarkan kabar bohong.

Pernyataan itu dilontarkan dalam sebuah sesi wawancara di salah satu stasiun TV swasta. Luhut sendiri tak memerinci audit macam apa yang bakal dilakukan. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...