PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani

          Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani
Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani
BENTENGSUMBAR.COM - Sebelum menduduki kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani lebih dulu menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Sederet program pemerintah yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat mampu ditangani Puan dengan baik. 

Lalu, bagaimana karakter kepemimpinan seorang Puan Maharani? Puan sendiri turut terlibat dalam berbagai kebijakan Kementerian atau lembaga yang dibawahinya. Seperti  penyebaran Kartu Sakti atau yang dikenal dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ia terlibat dalam koordinasi dan sinkronisasi data, agar para siapapun masyarakat yang menerimanya bisa mendapatkan manfaatnya secara langsung. 

Terkait pembagian kartu tersebut berada dibawah pengawasan langsung Puan Maharani saat masih menjabat sebagai Menko PMK.

Kiprahnya di dunia politik memang kerap dipandang sebelah mata. Puan kerap kali dianggap sebagai menteri yang tidak kelihatan bekerja. Ada yang menyebut dia hanya orang titipan yang miskin ide. Tapi, semuanya bisa dibuktikan bahwa anggapan tersebut tidak benar. 

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Menko PMK, laporan kerja yang diberikannya kepada Presiden Jokowi menunjukan hasil signifikan. Tingkat kemiskinan dan ketimpangan sosial berhasil turun di bawah kepemimpinannya. 

Kekuatan Puan Maharani dan Memimpin

Puan Maharani memiliki kekuatan tersendiri dalam hal kepemimpinan. Ada setidaknya empat poin yang bisa diketahui. Apa saja? 

Pertama, Puan Maharani memiliki  kemampuan untuk melakukan kerja secara koordinatif. Dia lihai dalam urusan lobi-melobi, yang mana menjadi senjata untuk melakukan tiga tugas utamanya, yakni koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan.

Puan juga terlibat secara koordinatif dalam hal yang berkaitan dengan kebijakan yang diambil oleh Kementerian yang dibawahinya, seperti Kemendikbud, Kemenristek Dikti, Kemenkes, Kemensos, Kemenpora, Kemenag, Kemendes PDTT, dan lain sebagainya.

Kedua, Puan Maharani memiliki etos dan komitmen kerja yang cukup kuat. Pada beberapa kesempatan, Puan terlihat melakukan rapat-rapat koordinasi untuk memastikan apakah progres dari program dan kebijakan yang telah direncanakannya berjalan baik atau tidak. 

Ketiga, Puan Maharani juga kerap turun langsung untuk mengawali programnya. Hal ini dilakukan agar ia bisa mendapatkan informasi yang benar dan terpercaya. Contohnya, dia banyak mengunjungi lokasi bencana alam di daerah-daerah. 

Keempat, Puan Maharani memiliki modal politik yang kuat. Sebagai putri dari mantan Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri, Puan bisa dibilang memiliki modal untuk disegani oleh banyak orang. 

Dipertahankan Jokowi Jadi Menko PMK

Semua hasil kerja kerasnya ketika menjadi menteri, membuat Puan Maharani dipertahan Presiden Jokowi menjadi Menko PMK. 

Seperti yang sudah diketahui, Puan terbukti berhasil memberikan kebermanfaatan dadi bantuan dana sosial yang berada di bawah tanggung jawabnya secara teknis. Dia berhasil menurunkan angka kemiskinan, meningkatnya kesejahteraan dan pembangunan manusia (IPM), menurunkan angka ketimpangan, hingga berbagai capaian koordinatif dengan Kementerian dan lembaga yang berada di bawah garis koordinasinya.

Puan Maharani juga termasuk orang yang siap dalam merespon sesuatu. Buktinya Presiden Jokowi kerap kali tidak bisa jauh darinya. Puan dianggap sebagai “ujung tombak” Presiden Jokowi kala itu. 

Beberapa kali, Puan sempat menjadi wakil atau pengganti Jokowi apabila tengah berhalangan untuk  hadir di acara-acara khusus. 

Dicap sebagai salah satu orang kepercayaan Jokowi, Puan membuktikan komitmennya dengan menindaklanjuti beberapa instruksi dan peraturan Presiden yang berkaitan dengan pembangunan. Tak heran, jika dirinya banyak melakukan rapat-rapat khusus. Sebut sana rapat untuk membahas dan merencanakan beberapa hal penting, seperti Peraturan Presiden (Perpres) tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, Bantuan Pemerintah Non-Tunai (BPNT), serta Program Padat Karya untuk Dana Desa.

Dengan segala kontribusi yang diberikannya, tidak heran jika pada waktu itu, Puan termasuk dalam deretan menteri yang dipertahankan oleh Jokowi. 

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...