PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Tingkatkan Potensi Generasi Muda, Prodi Digital Publik Relations Telkom University Gelar Pelatihan Digital Personal Branding

          Tingkatkan Potensi Generasi Muda, Prodi Digital Publik Relations Telkom University Gelar Pelatihan Digital Personal Branding
BENTENGSUMBAR.COM - Guna mendukung pengambangan minat dan bakat generasi muda, kelompok tutor muda Troopers Amidale English College (AEC) mengikuti rangkaian pelatihan secara online yang diusung oleh dosen-dosen dari prodi Digital Public Relations Telkom University pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu elemen Perguruan Tinggi yang merupakan wujud nyata dalam memberikan kontribusi secara langsung melalui pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu yang nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. 

Pengabdian masyarakat kali ini memiliki tujuan agar kelompok tutor muda Troopers Amidale English College (AEC) memiliki pengetahuan dan basic skill tentang bagaimana membangun personal branding, khususnya melalui media sosial yang nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Temanya merupakan tema yang basic namun seringkali dilupakan pentingnya skills membangun personal branding dan skills public speaking. Saya yakin disini terutama kaum muda akan membutuhkan skills ini karena kita tidak bisa berkarir atau masuk dalam dunia kerja kalau kita tidak bisa membangun personal branding yang baik dan menguasai public speaking,” ujar Ayub Ilfandy Imran, Ph.D selaku kaprodi Digital PR dalam sambutannya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi oleh dosen-dosen Prodi Digital Public Relations Moch Armien Syifaa, M.I.Kom., Anisa Diniati, M.I.Kom., dan Dr. Sri Dewi Setiawati, M.Si.

Materi pertama dibawakan oleh Dr. Sri Dewi Setiawati, M.Si dengan mengangat topik “why must we build our personal branding?”. Dalam pemaparannya ia menegaskan bahwa personal branding adalah sebuah proses, perlu dipupuk dan dibangun agar citra positif dalam diri kita bisa kenal oleh audiens.

“Dengan kita membangun personal branding maka kita akan meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya diri karena dengan kepercayaan diri inilah yang nantinya membantu kita memperluas koneksi kita dengan orang lain. Dengan membangun personal branding, kita dapat menunjukkan dan mengembangkan kemampuan kita yang bernilai lebih tinggi sehingga personal branding inilah yang membedakan kita dengan kompetitor lain dan nantinya bisa bermanfaat dalam meningkatkan daya jual,” kata Dewi.

Materi kedua dibawakan oleh Anisa Diniati, M.I.Kom dengan mangangat topik “personal branding strategic on social media”. Dalam pemaparannya, ia memberikan lima startegi yang dapat diimplementasikan saat ingin membangun personal branding melalui media sosial.

“Langkah pertama untuk membentuk personal branding adalah kamu harus lebih aware terhadap dirimu sendiri. Apa minat, bakat dan potensi kalian. Setelah kita tahu passion kita, kita juga perlu memilih media yang tepat untuk mendongkrak personal branding diri kita, barulah kita mulai action dengan cara menetapkan username dan foto profile yang sesuai dengan jati diri kita… keempat kita perlu membuat startegi konten dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah tersedia di media sosial tersebut. Terakhir, ciptakan koneksi dengan cara mengikuti berbagai komunitas yang sesuai dengan passion kita,” ujar Anisa.

Pembawaan materi pelatihan yang disantai, ringan, dan humoris membuat 20 peserta yang hadir terlihat sangat antusias berinteraksi dengan kedua pemateri. Meskipun diselenggarakan secara online melalui Zoom, namun sharing ilmu dan pengalaman dari para pemateri terlihat sangat kondusif. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...