PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Wagub Audy Joinaldy Serahkan Anugerah Literasi

          Wagub Audy Joinaldy Serahkan Anugerah Literasi
Wagub Audy Joinaldy Serahkan Anugerah Literasi
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meminta semua pihak dan stakeholders bersinergi memperkokoh pondasi dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Dan juga menekankan adanya penguatan literasi dengan mendorong kultur atau budaya membaca. 

"Saya berharap melalui kegiatan ini, bisa  membantu penguatan literasi, dengan terus memonitor perkembangan dan kemajuan pendidikan di Sumbar," kata Audy Joinaldy saat pembukaan Bimtek Meningkatkan Peran Perpustakaan Dalam Membangun Budaya Baca, di Aula Kantor Dinas Perpustakaan Sumbar, Kamis, 18 November 2021.

Audy menyebut, literasi tidak hanya dalam hal membaca saja. Lebih dari itu, berbagai ruang lingkup literasi seperti literasi finansial, literasi digital, dan literasi humanis menjadi bagian yang berseiring dengan kecerdasan intelektual dan spiritual. "Untuk itu literasi sangat penting membangun manusia Indonesia seutuhnya," tukasnya.

Melihat begitu pentingnya peran Perpustakaan sebagai pengerak dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, dalam upaya meningkat kualitas hidup dan meningkatkan ilmu pengetahuan dalam rangka mewujudkan manusia cerdas, unggul dan tangguh, perlu kiranya kita memberikan perhatian yang lebih mengenai pengembangan perpustakaan. 

Pengembangan perpustakaan juga perlu dilakukan inovasi-inovasi baru sesuai perkembangan dan kondisi masyarakat kita pada saat ini, bagaimana perpustakaan bisa lebih dekat dan menarik, seperti (perpustakaan digital, layanan perpustakaan berbasis online, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,
dstnya), sehingga perpustakaan akan lebih dilirik lagi untuk dikunjungi.

"Saat ini yang kita butuhkan adalah kerjasama dan komitmen dari semua pihak, dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kegemaran membaca serta pemberdayaan perpustakaan," sebutnya.

Maka itu, Pemerintah Sumbar memberikan penghargaan Anugerah Literasi ini setiap tahun, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, kepada setiap perseorangan, kelompok dan/atau Lembaga yang mempunyai kontribusi positif terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

"Kami berharap nantinya menjadi mitra perpustakaan, ikut menggerakkan minat baca masyarakat serta meningkatkan kunjungan ke perpustakaan," harapnya.

Selanjutnya Wagub Sumbar juga menyampikan selamat kepada para pemenang yang telah berperan aktif dalam membudaya kegemaran membaca dan mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat.  (nov)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...