14 Sasaran Ambil Bagian di Festival Budaya Urak Balabek, Ketua KAN Pauh V: Ini Bukti Pauh Central Kebudayaan di Kota Padang

BENTENGSUMBAR.COM - 14 sasaran silek, randai dan seni tradisi di kanagarian Pauh V Kecamatan Pauh Kota Padang ambil bagian dalam festival urak balabek yang digelar di galangang kantor KAN Pauh V kawasan Pasar Baru Pauh.

Kegiatan yang digelar dari tanggal 2-4 Desember 2021 merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang sebagai realisasi pokok-pokok pikiran anggota DPRD Padang Dasman dari dapil Pauh-Kuranji. 

Dalam kegiatan tersebut, ke 14 sasaran, kelompok seni tradisi menampilkan berbagai atraksi silek, randai, musik dan tari tarian khas Nagari Pauh V. 

"Kami dari lembaga KAN Pau V sangat mendukung dan mengapreasiasi even ini. Berharap even ini dapat dijadikan kalender even budaya di Kota Padang. Karena sangat positif dalam memberikan ruang kepada generasi muda di Nagari Pauh menampilkan ragam permainan anak nagari khas pauh, " ujar M Nazif, Ketua KAN Pauh V.

Selaku Ketua KAN, M Nazif menambahkan, even ini membuktikan Nagari Pauh V layak dijadikan kawasan pusat kebudayaan di Kota Padang.

Selain kesenian, di Nagari Pauh, adat dan budaya masih menjadi acuan dan pegangan bagi masyarakat adat menjalankan kehidupan sehari hari. Sehingga Nagari Pauh V layak dijadikan kawasan penyanga budaya di Kota Padang. 

"Sejarah kami panjang dan tertulis, Pauh merupakan kawasan bersejarah di Kota Padang, tatanan adat budaya menjadi pegangan hidup masyarakat adat. Untuk itu kami mendorong Pemko Padang menjadikan kawasan ini sebagai pusat kebudayaan di Kota Padang," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Padang Dasman mengaku terharu melihat aktivitas penampilan anak anak sasian ( murid silek) menampilkan atraksi Silek Pauh. 

"Saya tidak menyangka mereka mampu tampil memukau dalam even ini, materi yang mereka tampilkan sangat indah dan enak di tonton. Jika pergi ke Bali, penonton akan mengeluarkan biaya yang besar menyaksikan ini, namum di even yang di gelar selama 3 hari masyarakat Pauh dan penonton di media sosial gratis menyaksikannya," ujarnya.

"Jadi saya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh panitia teknis dan Dinas Pendidikan Kota Padang yang telah mengelar even ini. Saya berjanji agenda ini menjadi skala prioritas kami memperjuangkan di pemko padang sebagai egenda tetap budaya di Kota Padang," pungkasnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Plh Kabid Seni Budaya Azmi berjanji akan menjadikan even ini sebagai even budaya pertama di Kota Padang yang digelar oleh Kecamatan Pauh. 

"Kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang siap mendorong even ini menjadi agenda budaya tetap. Tentu saja itu tak lepas dari dukungan angota DPRD Kota Padang  dan masyarakat," terangnya ketika menutup kegiatan tersebut, Sabtu, 4 Desember 2021.

Laporan: Dasrul

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »