Advertorial

Daerah

8 Tips Perempuan Sukses Berpolitik

          8 Tips Perempuan Sukses Berpolitik
8 Tips Perempuan Sukses Berpolitik
BENTENGSUMBAR.COM - Setiap orang berhak untuk memiliki karier yang mumpuni. Baik itu laki-laki ataupun perempuan. Dewasa ini bias gender tidak lagi jadi hal yang begitu diperhatikan. Jadi, keduanya berhak untuk sukses di bidangnya masing-masing dan mempunyai peluang yang sama dalam urusan karier. 

Saat ini bukan tidak mungkin jika ada banyak perempuan yang ingin sukses dalam kariernya. Entah itu sebagai pekerja kantoran atau pemerintahan. Jika kamu memilih untuk berkarier di dunia politik, alangkah baiknya jika memperhatikan tips-tips berikut ini. Yuk simak! 

1. Memiliki Mentor yang Tepat 

Dalam karier, jika ingin sukses kita harus memiliki setidaknya mentor yang tepat. Hal ini dilakukan agar kita bisa meningkatkan karier dan peluang yang dimiliki. 

Menurut hasil riset dari Development Dimensions International ditemukan bahwa bimbingan yang didapatkan dari mentor dapat membantu seseorang untuk memiliki kebijaksanaan dan pengalaman praktis dari karyawan lainnya. Hal ini juga berlaku dalam urusan politis. 

Seorang mentor tentunya akan bertukar dan membagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki terhadap juniornya. Terlebih lagi jika dia berasal dari lingkup organisasi tertentu. 

Seseorang tidak harus memiliki mentor secara formal. Mentor bisa didapatkan lewat mana saja kok. Namun yang terpenting adalah kita harus mencari mentor yang bisa membimbing kita untuk maju dan tidak berjalan di tempat. 

2. Berpikir Out of The Box 

Bagi perempuan yang ingin sukses dalam urusan pekerjaan diharuskan untuk memiliki rasa percaya diri yang kuat. Selain itu dia juga disarankan untuk selalu memiliki ide yang unik dan pemikiran out of the box. Kreativitas dalam Berpolitik itu sangat dibutuhkan loh. Hal ini dilakukan agar diri kita bisa terus berkembang. 

Oleh sebab itu, seseorang yang berpolitik harus selalu mengisi otak mereka dengan pemikiran atau insight yang berbeda dari orang kebanyakan. Namun, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri dan tidak bersikap pura-pura. Attitude juga tetap jadi hal yang paling penting. 

3. Menjaga Emosi 

Perempuan yang berkarier cenderung akan lebih emosional dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, dia diharuskan untuk lebih bisa mengontrol diri dan menjaga emosinya. 

Di sisi lain, perempuan yang berpolitik juga harus tetap optimis dan tidak berhenti belajar hal-hal baru. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan agar dia bisa mencapai kesuksesan yang ingin dituju. 

4. Konsisten 

Perempuan karier, baik itu di bidang politik atau apapun harus senantiasa menanamkan rasa konsisten dalam diri. Ia harus selalu berpikir ke depan agar kesuksesan yang ada di depan mata bisa diraih. Tetap lakukan apa yang ingin kamu lakukan, meskipun kamu memiliki peran ganda, menjadi Ibu rumah tangga sekaligus wanita karier. 

5. Percaya Diri 

Sebagai perempuan sebaiknya jangan merasa takut untuk bersaing, baik itu dengan laki-laki sekalipun. Percayalah pada kemampuan diri sendiri. Sebab jika bukan diri sendiri, siapa lagi? 

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang kuat akan cenderung memiliki pikiran yang lebih positif dan memandang jauh ke depan. Sikap positif ini tentu sangat dibutuhkan untuk perempuan yang ingin sukses dalam karier. 

6. Kreatif dan Proaktif

Perempuan biasanya lebih kreatif dibandingkan dengan laki-laki. Sikap yang satu ini dapat menjadi nilai plus jika ingin sukses dalam berkarier. Ide bisa menjadi sesuatu yang mahal dan berharga. Sebab kreativitas itu bisa jadi tak ternilai harganya, karena tidak semua orang bisa memilikinya. 

Selain kreatif, perempuan juga sebaiknya memiliki sikap proaktif. Dalam artian agar ide-ide yang dimiliki bisa didengarkan oleh banyak orang dan mendapat apresiasi dari lingkungan sekitar. 

7. Bertindak Cepat dan Berpikir Matang

Dalam berpolitik, seseorang tidak disarankan untuk berpikir lambat. Jadi, sebisa mungkin perempuan yang berpolitik harus selalu bertindak cepat, tapi tetap memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Pastikan untuk tidak salah langkah, sebab jika begitu, kamu sendiri yang akan merasakan kerugiannya. 

8. Bersikap Profesional 

Terkait urusan karier, janganlah mencampur adukkan urusan pekerjaan dan pribadi. Hal ini menjadi salah satu yang paling terlarang. Jika memang nantinya kamu memiliki masalah di rumah, selesaikanlah terlebih dulu dan jangan sampai membawanya ke lingkungan pekerjaan. Tunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa profesional dalam bekerja. 

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »