PILIHAN REDAKSI

Berawal dari Informasi Warga, Polda Sumbar Ungkap Praktek Prostitusi Berkedok Salon dan SPA di Padang Barat

BENTENGSUMBAR.COM - Direskrimum Polda Sumbar kembali berhasil mengungkap praktek esek-esek yang berkedok Salon dan Spa yang ber...

Advertorial

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

          Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360
Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360
BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360 sangat menakjubkan. Para ilmuwan pun kaget dengan pengetahuan dan kebenaran Hadis Nabi tersebut.

Betapa tidak, pada zaman ketika tidak satu pun ilmuwan membahas anatomi tubuh manusia dan mengetahui jumlah tulang dan persendian manusia, Nabi Muhammad justru dengan tegas menyebut jumlah persendian manusia sebanyak 360 sendi.

Tuhan seluruh alam, Allah 'Azza wa Jalla memberi pengetahuan kepada Nabi Muhammad jauh sebelum dunia medis menemukan jumlah sendi tubuh manusia. Sejak 1400 tahun lebih lalu, Rasulullah menyampaikan hal ini.

Pengetahuan tentang sendi manusia ini merupakan salah satu bukti kebenaran Hadis Nabi.

Untuk diketahui, sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih agar tulang tersebut bisa bergerak. Sendi berperan penting dalam pergerakan tubuh. Ada banyak sendi dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan kestabilan pada tubuh manusia.

"Kita bisa membayangkan jika dengkul tidak punya sendi, bagaimana manusia bisa bergerak atau berjalan," demikian penjelasan Qaf Media Channel dalam kanal Youtube yang mengulas kebenaran Hadis Nabi tentang jumlah persendian manusia.

Semua sabda Rasulullah bisa dibuktikan secara ilmiah karena perkataan Rasulullah adalah bimbingan langsung (wahyu) dari Allah Ta'ala. Misalnya, liur kucing dinyatakan tidak najis, sedangkan liur anjing dihukumi najis.

Terkait jumlah sendi manusia, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menegaskannya dalam Hadis shahih berikut.

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

"Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian." (HR. Muslim 2377)

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah bersabda: "Setiap manusia keturunan Adam diciptakan di atas 360 persendian. Barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih, dan beristighfar kepada Allah, menyingkirkan batu, atau duri atau tulang dari jalan, memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran sejumlah persendian itu maka ia telah berjalan menjauhi api neraka." (HR Muslim No 1675)

Persendian dalam Bahasa Arab disebut "Al-Sulama". Persendian ini memungkinkan tulang bergerak secara luwes (sendi diartrosis). Dr Hamid dalam bukunya "Rihlah al-Iman fi Jism al-Insan" (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) menyatakan bahwa jumlah keseluruhan persedian tulang manusia adalah 360 sebagaimana disebut dalam Hadis Nabi di atas. Ia merincikan sebagai berikut.

Tulang Belakang yang meliputi 147 persendian:
- 25 sendi antara tulang-tulang belakang
- 72 sendi antara tulang-tulang belakang dan rusuk
- 50 sendi antara tulang-tulang belakang melalui tonjolan-tonjolan kecil samping.
Tulang Dada yang meliputi 24 persendian:
- 2 sendi antara tulang dada dan rongga dada
- 18 sendi antara tulang-tulang dada dan kepala
- 2 sendi antara tulang-tulang selangka dan belikat
- 2 sendi antara tulang-tulang belikat dan dada.
Tulang tubuh bagian atas mencakup 86 persendian:
- 2 sendi antara tulang-tulang bahu
- 6 sendi antara tulang-tulang siku
- 8 sendi antara tulang-tulang pergelangan tangan
- 70 sendi antara tulang-tulang tangan.
Tulang tubuh bagian bawah mencakup 90 persendian:
- 2 sendi paha
- 6 sendi antara tulang-tulang dua lutut
- 6 sendi antara tulang-tulang pergelangan kaki
- 74 sendi antara tulang-tulang telapak kaki
- 4 sendi antara tulang-tulang lutut.
Tulang tubuh bagian dalam mencakup 11 persendian:
- 4 sendi antara tulang-tulang ekor
- 6 sendi antara tulang-tulang pinggul
- 1 sendi pada sambungan tulang alat vital.
Jumlah seluruhnya 147 + 24 + 86 + 92 + 11 = 360 sendi.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

« يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى »

"Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar makruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan Sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR Muslim 1704)

Demikian bukti kebenaran Sabda Rasulullah yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Allah Ta'ala memberikan pengetahuan kepada kekasih-Nya sebagai salah tanda kebesaran-Nya dan salah satu bukti kebenaran Islam. (Sindonews)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »