Kota Sawahlunto Mendapat Dua Penghargaan Dari JKPI

BENTENGSUMBAR.COM - Kota Sawahlunto mendapat penghargaan Pratistha Pusaka Award 2021 dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), di Kota Bogor, Jum'at 03 Desember 2021. 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, menyampaikan penghargaan itu adalah apresiasi dari JKPI untuk komitmen dan kinerja Pemkot bersama masyarakat Sawahlunto dalam merawat warisan kota tua (heritage) baik berupa bangunan maupun nilai - nilai sejarah.

"Alhamdulillah, Sawahlunto mendapat dua penghargaan dalam Kongres V JKPI ini. Selain Pratista Pusaka Award, Wali Kota Sawahlunto masa jabatan 2003-2013 yaitu almarhum bapak Amran Nur mendapatkan Anugerah Utama Pusaka sebagai penghargaan bagi beliau yang merupakan salah satu deklarator (pendiri) JKPI ini," kata Wali Kota Deri Asta. 

Wali Kota menjelaskan, Pemkot Sawahlunto memang memberikan perhatian besar dan mendukung program-program dalam menjaga dan melestarikan kota tua (heritage), sebab spirit dari Sawahlunto memang adalah pada kekayaan sejarah dan budaya baik berupa bangunan maupun nilai-nilai/tradisi dalam kehidupan masyarakat.

"Apalagi Kota Sawahlunto sudah menjadi Kota Warisan Dunia (World Heritage) versi UNESCO. Ini menjadi bukti kita berkomitmen menjaga heritage khususnya yang terkait dengan warisan tambang batubara Ombilin Sawahlunto," ujar Wali Kota. 

Wali Kota Deri Asta menjelaskan, sebagai contoh dalam menjaga tersebut yakni untuk bangunan dengan melindunginya sebagai bangunan cagar budaya, sementara untuk nilai-nilai/tradisi yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan berupa sosialisasi sampai lomba atau festival  bagi generasi muda agar mengenal, mencintai dan ikut melestarikan nilai sejarah dari kota tua itu. 

"Terkhusus dalam penghargaan Anugerah Utama Pusaka untuk Wali Kota Sawahlunto masa jabatan 2003-2013 almarhum bapak Amran Nur, bagi kami ini adalah momen untuk berterimakasih dan mendoakan arwah beliau agar segala amal ibadah diterima di sisi Allah SWT. Bapak Amran Nur memang boleh dikata bapak kota tua Sawahlunto, sebab beliaulah yang mulai merintis bagaimana kota Sawahlunto dengan nilai heritage-nya itu bisa diberdayakan menjadi hidup dan ramai melalui pariwisata berbasis sejarah dan budaya," sebut Wali Kota Deri Asta. 

Diceritakan Wali Kota,  semangat dalam menjaga dan mengelola kota tua (heritage) itulah yang digaungkan Amran Nur bersama sejumlah Wali Kota dari kota-kota tua lainnya termasuk Solo dengan Wali Kota pada saat itu adalah Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI, kemudian mereka akhirnya membentuk forum yang menjadi cikal bakal lahirnya JKPI. 

"Jadi Kota Sawahlunto dan JKPI adalah hal yang tidak bisa dipisahkan," kata Wali Kota Deri Asta menegaskan. 

Laporan: Ochie

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »