Mantan Ketum FPI Ungkap Kondisi 'Mengenaskan' Habib Rizieq di Penjara: Tak Dapat Sinar Matahari Selama 24 Jam

BENTENGSUMBAR.COM – Mantan ketua Front Pembela Islam (FPI) Shobri Lubis menceritakan pengalamannya saat berada dalam satu sel bersama dengan Habib Rizieq Shihab (HRS).

Seperti diketahui, Shobri Lubis bersama 3 ulama FPI lainnya juga pernah mendapat hukuman penjara terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Saat itu, Shobri Lubis mengatakan bahwa dirinya ditempatkan satu sel dengan Habib Rizieq Shihab (HRS) di rutan Mabes Polri.

“Setelah kita dinyatakan ditahan itu kita semua awal masuk itu satu kamar sama Habib Rizieq,” kata Shobri Lubis seperti dikutip Kabar Besuki dari Youtube Refly Harun.

Shobri Lubis juga menceritakan mengenai kondisi sel yang ditempati oleh HRS. Ia mengungkap bahwa mantan Imam Besar FPI itu ditempatkan dalam sebuah sel di area basement.

Menurut penuturan Shobri, sel yang ditempati oleh Habib Rizieq bahkan tidak pernah dapat sinar matahari selama 24 jam.

Jadi saat dalam masa penahanan, ia dan Habib Rizieq bahkan mengaku kesulitan untuk membedakan antara pagi dan malam.

“Jadi selnya itu memang ruangan bawah tanah, dia memang adanya di basement, di tempat parkir, jadi memang di bawah gedung, tidak dapat matahari, yang jelas tidak dapat matahari selama 24 jam,” ujar Shobri.

“Memang selama kita disana tidak dapat sinar matahari, tidak tahu siang dan malam,” sambungnya.

Shobri mengungkap bahwa penerangan dalam sel Habib Rizieq hanya mengandalkan lampu karena tidak pernah mendapat sorotan cahaya matahari.

Tak hanya itu saja, Shobri juga mengungkap bahwa dalam sel yang ditempati oleh Habib Rizieq minim udara dan tidak ada kipas angin ataupun AC.

“Jadi kipas-kipas biasa, sirkulasi udaranya hanya kalau ada angin keras, itu sampe ke kamar kita,” ungkapnya.

Mendengar hal tersebut, Refly Harun menilai bahwa hukuman yang diterima oleh Habib Rizieq layaknya siksaan secara psikis.

Hal ini karena, menempatkan Habib Rizieq di sel basement yang membuatnya kesulitan untuk tahu waktu siang dan malam seperti layaknya siksaan.

“itu secara psikis siksaan lo itu, karena kita gak ngerti waktu selama 24 jam,” kata Refly Harun. (Kabarbesuki)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »