PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Refly Harun Bilang Reuni 212 Harus Lebih Megah, Kalau Perlu Jakarta Ditutup: Jadi Festival Islam Terbesar

          Refly Harun Bilang Reuni 212 Harus Lebih Megah, Kalau Perlu Jakarta Ditutup: Jadi Festival Islam Terbesar
Refly Harun Bilang Reuni 212 Harus Lebih Megah, Kalau Perlu Jakarta Ditutup: Jadi Festival Islam Terbesar
BENTENGSUMBAR.COM – Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun menyoroti reuni akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang digelar hari ini, Kamis, 2 Desember 2021.

Melalui kanal Youtube Refly Harun pada Rabu, 1 Desember 2021 dia menanggapi aksi tersebut yang tak kunjung mendapat izin dari pihak berwenang.

Refly menilai, acara tersebut seharusnya mendapatkan izin resmi dan dibiarkan berlangsung sehari saja sebagai sebuah kegiatan.

Advokat satu ini juga berharap agar reuni PA 212 bisa menjadi festival Islam terbesar di dunia dari Indonesia. Tentunya dengan aspek aman dan damai.

“Saya berharap suatu saat, reuni ini akan menjadi festival Islam dunia, The biggest festival in the world , Islamic state, mudah-mudahan menjadi sebuah festival yang bisa diikuti orang di penjuru dunia setiap tahun dengan aman dan damai,” tuturnya.

Dalam penilaiannya, reuni PA 212 bisa dilestarikan sebagai salah satu kegiatan ikonik yang bisa menampilkan acara kuliner dan lainnya, bukan hanya aksi demonstrasi.

“Kalau pemerintah ini lebih bagus hubungannya dengan kelompok Islam politik ini yang biasa melakukan demo termasuk 212, maka ini kan sudah ikonik sesungguhnya, bisa dilestarikan karena mudah memobilisasi orang ketimbang kegiatan yang lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Refly menilai bila reuni PA 212 benar-benar dijadikan sebagai festival, maka acaranya akan sangat besar.

Bahkan bila bisa Jakarta ditutup untuk satu hari demi reuni PA 212.

“Dalam itu justru acara ini dijadikan festival, jadi ada kulinernya, macam-macamlah, kalau perlu Jakarta hari itu tutup kegiatan, untuk The Biggest Islamin Festival in The World,” pungkas Refly.

Sebagaimana diketahui, reuni PA 212 tidak diberikan izin oleh pihak kepolisian dan pemerintah terkait.

Meski begitu, reuni PA 212 tetap digelar hari ini. Mereka bergerak menuju atung Kuda Arjuna Wiwaha di Jakarta.

Menanggapi tetap majunya masa reuni PA 212, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan pun menegaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sanksi pidana bagi massa yang nekat melakukan aksi tersebut.

Tak hanya bagi massa yang turun ke jalan dan mengikuti aksi 212 itu, namun hal itu juga berlaku pada pihak yang menghasut massa untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Terlebih steering committee, panitia pelaksana penanggung jawab yang mengarahkan massa kesana itu pasti mereka lebih bertanggungjawab," kata Zulpan dikutip Galamedia dari laman PMJ, pada Kamis 2 Desember 2021. (Galamedia)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »