Advertorial

Daerah

Haikal Hassan Bantah Pernah Sebut Habib Keturunan Kafir, Kang Dede Bongkar Jejak Digital

          Haikal Hassan Bantah Pernah Sebut Habib Keturunan Kafir, Kang Dede Bongkar Jejak Digital
Haikal Hassan Bantah Pernah Sebut Habib Keturunan Kafir, Kang Dede Bongkar Jejak Digital
BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial, Dede Budhyarto alias Kang Dede menanggapi penceramah, Haikal Hassan yang membantah dirinya pernah menyebut habib (keturunan nabi) sebagai keturunan kafir.

Melalui akun Twitter resminya, Kang Dede melampirkan bukti tangkapan layar cuitan @Haikal_Hassan yang menyebut bahwa Habib adalah keturunan Abi Thalib yang masih kafir ketika wafat.

Adapun hal ini awalnya diungkit oleh pegiat media sosial, Habib Zen Assegaf alias Habib Kribodi acara “Catatan Demokrasi” yang tayang di TV One.

Dalam acara itu, Habib Kribo berdebat dengan Haikal Hassan terkait penceramah, Habib Bahar bin Smith.

Dalam pernyatannya, Habib Kribo mengungkit bahwa Haikal Hassan pernah menyebut keturunan Nabi sebagai keturunan kafir.

Namun, Haikal Hassan langsung membantah pernyataan itu berkali-kali.

“Anda pernah ngatain keturunan Nabi itu kafir loh,” kata Habib Kribo.

“Itu fitnah,” balas Haikal Hassan berulang-ulang.

Video perdebatan keduanya ini lantas diunggah oleh netizen dengan nama akun Twitter @soen_cak pada Rabu, 5 Januari 2022.

“Si Haikal Hassan kewalahan hadapi habib Zen. Dia ngeles lagi, katanya ga pernah mengatakan habib itu keturunan orang kafir (Abu Thalib). Padahal pernyataannya di twitter pernah dilaporkan ke polisi,” kata netizen tersebut.

Cuitan netizen ini lantas dibalas oleh Kang Dede dengan tangkapan layar akun bernama @Haikal_Hassan.

“Padahal jejak digitalnya berserakan,” kata Kang Dede.

“Jadi Habib bukanlah keturunan Nabi Muhammad SAW, melainkan keturunan Abi Thalib yang masih kafir ketika wafatnya,” demikian bunyi cuitan @Haikal_Hassan pada 14 Februari 2013.

Tidak diketahui apakah cuitan dalam tangkapan layar tersebut benar-benar ditulis oleh Haikal Hassan.

Namun, Haikal Hassan pernah dilapirkan oleh Habib Husin Shihab dari Forum Komunikasi Alawiyin atas cuitan tersebut.

“Jadi begini, dari ujaran kebencian dari Haikal Hassan ini menyebabkan kawan-kawan para habaib tersinggung dan merasa Haikal Hassan memprovokasi antara habaib dan habaib, akhirnya akan timbul seperti itu,” kata Husin Shihab pada Selasa, 22 Mei 2018.

“Karena itu, kami bersama kawan-kawan Forum Komunikasi Alawiyin, saya mewakili mereka, melaporkan Haikal Hassan dengan didampingi kawan-kawan Cyber Indonesia,” sambungnya.

Husin Shihab ketika itu menjelaskan bahwa cuitan tersebut baru dilaporkan karena ketika dicuitkan pada 2013, tidak ada yang berani melaporkan.

“Iya, selang waktunya sudah lama banget. Nah, ketika viral lagi dan saya melihat dan saya komunikasikan di kawan-kawan Alawiyin, Alawiyin ini golongan turunan habaib, ya saya mengajukan diri sebagai pelapor,” jelasnya.

Laporan Husin teregister dengan nomor LP/2767/V/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 22 Mei 2018.

Perkara dilaporkan adalah penghinaan dan atau pencemaran nama baik dan/atau ujaran kebencian berdasarkan SARA dengan Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 ayat 3 dan/atau Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 156 KUHP. (terkini)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »