PILIHAN REDAKSI

Mie Aceh Razali yang Legendaris di Aceh, Kini Hadir di Kota Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM   - Bagi warga Kota Pariaman, tidak perlu jauh-jauh lagi ke Aceh untuk menikmati Mie Aceh yang legendaris.  Sa...

Advertorial

Baznas Padang Pariaman Bantuk Rumah Fatmawati di Nagari Sikucur V Koto Kampung Dalam

          Baznas Padang Pariaman Bantuk Rumah Fatmawati di Nagari Sikucur V Koto Kampung Dalam
Baznas Padang Pariaman Bantuk Rumah Fatmawati di Nagari Sikucur V Koto Kampung Dalam
BENTENGSUMBAR.COM - Lama menumpang dan tinggal di rumah saudaranya, melalui program bantuan bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman mimpi  Fatmawati alias Piak Abauk (panggilan di kampung) untuk memiliki rumah tinggal sendiri yang layak, kini sudah di depan mata.

Pada Jum'at (11/2/2022) paket Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai Rp. 12.500.000 diserahkan langsung kepada Fatmawati oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman dengan disaksikan Wali Nagari Sikucur Asrul Khairi, bertempat di Korong Sungai Janiah Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Hadir   Korwil IV BAZNAS Padang Pariaman Dr. Muhammad Zaki, Camat V Koto Kampung Dalam Ir. Firman Suheri, MM, Ketua LKAAM V Koto Kampung Dalam Dt. Zulkarnain, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, UPZ Nagari, beserta lembaga-lembaga Nagari dan beberapa tokoh masyarakat setempat.

Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan program ini bertujuan membantu para mustahiq yang belum memiliki rumah.

"BAZNAS menyediakan dana untuk membeli bahan-bahan pokok dan material pembangunan rumah. Nanti para dunsanak yang mempunyai rezeki lebih, boleh membantu menambah untuk beli peralatan bangunan lainnya dan akan pimpin oleh Wali Nagari. Karena kami yakin, dana sebanyak ini tidak akan cukup untuk menyelesaikan pembangunan sebuah rumah sederhana yang layak huni. Tapi mesti kita carikan tambahannya dengan bergotong royong," ujar   Rahmat.

Kedepannya, melalui lembaga UPZ Nagari Sikucur nantinya bisa menjadi gerbong yang menghubungkan Muzakki yang ada di ranah dan rantau dalam pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqah.

"Kita berharap, agar mereka mau membayarkan zakat hartanya melalui UPZ Nagari. Dan akan disalurkan kepada para Mustahik serta untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan ekonomi bagi kemaslahatan umat di Nagari. Terutama dalam program penuntasan kemiskinan dan pemulihan ekonomi di Nagari. Dengan konsep Dana umat, dari dan untuk Umat. BAZNAS melayani dengan cepat dan tepat," tutupnya.

Fatmawati bersama suaminya Azwar seorang buruh tani dengan 4 (empat) orang anak, sekitar tahun 2016 lalu pulang ke kampung. Setelah beberapa tahun merantau dan mengadu peruntungan di Medan Sumatera Utara, tidak ada tanda-tanda akan berkembang usahanya. 

Sejak itulah dia bersama anak-anaknya menumpang tinggal di rumah saudara di Sungai Janiah Sikucur, hingga sekarang.

Melalui Wali Nagari Sikucur Asrul Khairi, Fatmawati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman, atas bantuan pembangunan rumah tidak layak huni yang diterimanya.

"Insya Allah, dana yang sudah kami terima ini akan langsung dibelanjakan bahan bangunan dan segera dilaksanakan pembangunan dengan bergotong royong. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, tentunya kami sudah bisa tidur nyenyak di rumah ini," ungkap Fatmawati dengan mata berkaca-kaca. (AS)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »