PILIHAN REDAKSI

Bendera Israel Berkibar Saat Pidato Anies di JIS, Warganet: Pendukungnya Mati Rasa!

BENTENGSUMBAR.COM – Beredar video bendera Israel berkibar saat Anies Baswedan menyampaikan pidato di Jakarta Internasional Stad...

Advertorial

Dihadiri Bupati dan Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Safaruddin Optimis Ketua Dasa Wisma Flamboyan 2 Situjuah Batua Menang

          Dihadiri Bupati dan Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Safaruddin Optimis Ketua Dasa Wisma Flamboyan 2 Situjuah Batua Menang
Dihadiri Bupati dan Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Safaruddin Optimis Ketua Dasa Wisma Flamboyan 2 Situjuah Batua Menang
BENTENGSUMBAR.COM - Dasawisma Flamboyan 2 Jorong Tepi Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota masuk nominasi 6 Besar Kabupaten yang mengikuti penilaian Lomba Ketua Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. Penilaian dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Harneli Mahyeldi di Kantor Wali Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari pada Senin (14/02/2022).

Turut Hadir Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Wakil Ketua TP-PKK Lira Rizki Kurniawan Nakasri, Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Endra Amzar.

Ketua TP PKK Sumatera Barat Harneli Mahyeldi menjelaskan bahwa sebelumnya Kabupaten Limapuluh Kota telah mengikuti penilaian ekspose atau tertulis. “Alhamdulillah Dasawisma Nagari Flamboyan 2 mewakili Kabupaten Limapuluh Kota masuk dalam nominasi 6 besar Kabupaten dari Dasawisma Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dan selanjutnya akan dilakukan penilaian verifikasi lapangan,” ujarnya.

Harneli menyebutkan salah satu penilaian adalah lengkapnya pencatatan baik administrasi PKK dari Kelompok Dasawisma dan terlaksananya tugas dan fungsi Pokja 1-4. “Kalau semua terlaksana akan memudahkan pemerintah dalam mendapatkan data-data seperti kondisi ekonomi, pendapatan masyarakat dan lain-lain dan disinilah pentingnya Ketua Kelompok Dasawisma aktif menjadi pelopor,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengatakan bahwa Dasawisma merupakan ujung tombak dari pelaksanaan 10 program pokok PKK yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat dan sebagai garda depan dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat. 

Di bagian lain kata sambutannya, Bupati Safaruddin mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh tim Pengerak PKK  secara berjenjang dan disinergikan dengan program pemerintah merupakan langkah yang sangat strategis dalam meningkatkan klasifikasi dasawisma. 

”Hal ini dapat terlihat pada program yang dirancang oleh Tim Penggerak PKK dari pusat sampai nagari yaitu Bulan Bakti Dasawisma yang bertujuan menumbuhkan, meningkatkan rasa kebersamaan, kegotong royongan dan tanggungjawab terhadap pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” ucapnya.

Di lain sisi, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin optimis jika Dasawisma Flamboyan 2 Jorong Tepi Nagari Situjuah bisa menang. Menurutnya program Dasawisama Flamboyan 2 yang diketuai oleh Lindawati dinilai unik. 

Situjuah Batua adalah nagari yang terkenal dengan kebersihan karena setiap rumah memiliki tempat sampah. Sampah-sampah tersebut dikumpulkan oleh Kelompok Dasawisma Flamboyan untuk dipilah. Sampah yang berbahan plastik akan diolah menjadi ecobrick sedangkan sampah organik akan diolah menjadi pupuk. 

“Sampah organik diolah di tempat khusus pondok pengolahan sampah dan uniknya pupuk-pupuk ini sudah ada yang memesan, tentunya ini akan menjadi tambahan penghasilan oleh kelompok tersebut,” tutur Nevi Safaruddin. (Dikky)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »