PILIHAN REDAKSI

Mujahid 212: Miyabi Pemicu Intoleran di Jakarta, Anies Baswedan dalam Bahaya

BENTENGSUMBAR.COM - Kedatangan Maria Ozawa alias Miyabi ke Jakarta, terancam batal. Mantan aktris film dewasa ini berencana men...

Advertorial

Offside! Ade Armando: Jangan Terus Sudutkan Arab, Itu Rasis!

          Offside! Ade Armando: Jangan Terus Sudutkan Arab, Itu Rasis!
Offside! Ade Armando: Jangan Terus Sudutkan Arab, Itu Rasis!
BENTENGSUMBAR.COM - Ade Armando kesal dengan Abu Janda yang ngata-ngatain Ustaz Khalid Basalamah keterlaluan sampai senggol ras Arab.

Ade Armando menilai Abu Janda offise dalam kritik soal wayang Ustaz Khalid Basalamah. Kan yang bermasalah adalah pemahaman Ustaz Khalid Basalamah kok malah ras Arab ikut disalahkan, Ade Armando bilang begitu.

Ade Armando menyimak ada beberap hal dari pernyataan Abu Janda yang kritik Ustaz Khalid Basalamah itu benar, tapi jangan sengol Arab juga lah.

Ras Arab tidak salah

Di antaranya, Abu Janda menilai Ustaz Khalid itu miskin sejarah, wayang kan jadi media penyebaran Islam di masa lalu, kok malah ustaz itu mengatakan wayang dimusnahkan saja.

Tapi pernyataan Abu Janda yang offside menurut Ade adalah soal kata-kata 'kalian itu pendatang Arab' kemudian 'ustaz berwajah imigran' serta 'lama-lama kalian akan dimusnahkan'.

"Argumennya jadi terdengar rasis, karena yang disalahkan adalah ras Arab. Ini kan bukan persoalan Arab," jelas Ade Armando dikutip Hops.ID dari Youtube Cokto TV, Kamis 17 Februari 2022.

Makanya Ade Armando heran buat apa coba Abu Janda sampai offside dengan mengatakan 'kalian itu pendatang dari Arab' segala.

Ustaz Khalid picik bukan karena Arab

Ade mengatakan cara beragama yang serba melarang dan mengharamkan bukan lantas yang disalahkan adalah pada ras Arabnya.

Jadi dosen UI itu menilai, menyebutkan Arab dan kesempitan beragama dalam satu tarikan nafas itu adalah sebuah kesalahan serius.

"Orang seperti Khalid Basalamah bisa sepicik itu bukan karena di Arab. Tapi kalau mau dilacak itu jejaknya sejak 1980-an," ujar Ade mengulas soal gerakan Wahabi di era 1980-an.

Untuk itu, Ade menegaskan kritik Khalid bukan ras Arabnya. Karena ras Arab tidak salah.

"Karena itu saya menyarakan semua jangan terus menyudutkan Arab, sikap itu bukan saja rasis tapi menunjukkan kegagalan kita memahami sumber masalah kesempitan berpikir dalam umat Islam. Kita jangan mau mudah dipecah-belah," kata Ade. (Hops.ID)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »