PILIHAN REDAKSI

Yolla Yuliana, Bidadari Voli Indonesia yang Bikin 3 Pria Terlena

BENTENGSUMBAR.COM - Ada tiga pria tampan yang pernah terlena oleh kecantikan bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana. Yolla Yuli...

Advertorial

Wujudkan Masyarakat Sehat, Puskesmas Parit Rentang Lakukan Sosialisasi Germas

          Wujudkan Masyarakat Sehat, Puskesmas Parit Rentang Lakukan Sosialisasi Germas
Wujudkan Masyarakat Sehat, Puskesmas Parit Rentang Lakukan Sosialisasi Germas
BENTENGSUMBAR.COM - Demi mewujudkan  kesehatan masyarakat, Puskesmas Parit Rantang mengadakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan GERMAS di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Selasa(22/2) 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Padang Data Tanah Mati Taufikur Rahman, Kepala Puskesmas Parit Rantang Ns.Chinthya Fitri Al- Yani, Pengelola Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Parit Rantang Roza Selfia, Babinsa,Babinkamtibmas, Ketua PKK Kelurahan, Kepala Sekolah, Ketua Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Ketua LPM, RT ,RW dan Kader Kesehatan. 

Dalam sambutannya Lurah Padang Data Tanah Mati Taufikur Rahman mengatakan GERMAS adalah suatu tindakan yang sistematis terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"GERMAS terdiri dari banyak kegiatan dan salah satunya secara Nasional dengan berfokus pada melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali untuk mendeteksi dini penyakit," ujarnya

Dilanjutkan, Taufikur mengatakan bahwa semua kegiatan GERMAS dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta dapat juga dilakukan saat ini dan tidak membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Selagi kita ada kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat, maka kita dapat meningkatkan kualitas hidup sehat, dan akan mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Dengan dilakukannya GERMAS ini bisa juga menurunkan penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti stroke penyakit jantung diabetes dan lain-lain," pungkasnya.

Senada, Kepala Puskesmas Parit Rantang Ns.Chinthya Fitri Al- Yani yang juga merupakan Narasumber pada kegiatan sosialisasi GERMAS mengatakan GERMAS merupakan salah satu program unggulan di bidang kesehatan yang digagas oleh Presiden RI untuk menurunkan kesakitan dan kematian karena penyakit tidak menular, menurunkan pembiayaan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Pelaksanaannya di lapangan membutuhkan komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah dan organisasi masyarakat dengan cara memberikan sosialisasi GERMAS kepada masyarakat. 

Kegiatan Sosialisasi Germas ini menghasilkan komitmen bersama tentang pelaksanaan GERMAS yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepakatan dan ditandatangani oleh semua peserta pertemuan yang isinya antara lain:

1. Penyediaan lingkungan sehat seperti air bersih, jamban sehat dan membersihkan lingkungan.
2. Selalu mengkonsumsi panganan sehat berupa buah dan sayur.
3. Peningkatan kebugaran dengan secara rutin melakukan aktivitas fisik.
4. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.
5. Tidak merokok /Mengembangkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan kerja, sekolah, fasilitas kesehatan serta tempat – tempat umum lainya yang telah diatur dalam Perda KTR.
6. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

"Agar Pelaksanaan GERMAS di masyarakat terlaksana dengan baik, Puskesmas Parit Rantang membentuk Kader Kampanye GERMAS di Kelurahan Padangdata Tanah mati. 
Semoga dengan di bentuk nya kader kampanye lokal/tradisional GERMAS dapat meningkatkan kualitas hidup dan derajat Kesehatan di Masyarakat," terang Chinthya.

Diakhir Pemaparannya, Chinthya kembali mengingatkan agar dapat membangkitkan tanggung jawab dan komitmen, bahwa sehat harus berawal dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. 

"Mari Budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup kearah yang lebih sehat," tutupnya (Hermiko)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »