8 Pekerja Tewas Ditembak KKB, Menko Polhukam: Presiden Minta Papua Dinormalkan

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan institusi penegak hukum untuk menormalkan kondisi Papua.

Hal tersebut terkait berbagai peristiwa penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalam beberapa waktu terakhir.

"Terkait 8 pekerja yang meninggal di Papua sedang ditangani. Ya (pemerintah) terus mengoptimalkan institusi-institusi penegak hukum, penjaga keamanan dan pertahanan, serta menguatkan pemerintahan operasi teritorial," ujar Mahfud MD saat kepada awak media, menghadiri Rapat Pimpinan Bakamla, Senin (7/3/2022).

Ia menyebutkan, Presiden Jokowi meminta kondisi di Papua bisa dinormalkan dengan menjaga kondusivitas oleh aparat penegak hukum terkait.

"Itu yang sudah digariskan Presiden, normalkan itu Papua. Papua harus dilihat dalam kondisi normal, karena kalau dianggap tidak normal malah jadi tidak produktif," ucap Mahfud MD.

Ia memberikan contoh misalkan terkait perampasan senjata api (senpi) soal kasus kriminalitas di Papua tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya yang memiliki kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kita misalkan mau rampas senjata itu cuman dapat 111 dalam setahun misalnya. Tapi kalau di tempat lainnya yang normal seperti di Maluku dan Jakarta itu ribuan," ujar Mahfud MD.

Ia menyebutkan, pemerintah akan terus mengoptimalkan kinerja institusi-institusi yang ada di Papua untuk meningkatkan stabilitas keamanan.

"Kan berarti sebenarnya disana itu normal. Tinggal bagaimana kita mengefektifkan institusi-institusi ini agar tidak ada dramatisir atau dramatisasi berita," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, 8 karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) tewas ditembak KKB di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022).

Usai menembak 8 pekerja yang tengah mengerjakan tower PTT, di hari yang sama KKB juga menyerang salah satu prajurit Satgas Kodim Yonif R 408/SBH hingga terluka.

Sumber: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »