Kepala Daerah se-Indonesia Siap Deklarasi Jokowi 3 Periode Usai Lebaran

BENTENGSUMBAR.COM - Kepala daerah se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) siap mendeklarasikan usulan masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode. Usulan ini diklaim sudah disepakati oleh mayoritas anggota asosiasi.

"Habis lebaran kami deklarasi," kata Ketua APDESI Surtawijaya saat ditemui selepas acara Silahturrahmi Nasional Desa di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.

Acara ini dihadiri oleh ribuan kepala desa seluruh Indonesia. Jokowi pun hadir dalam acara ini bersama sejumlah menteri, salah satunya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam acara ini, sejumlah orang juga sempat meneriakkan Jokowi 3 periode saat kepala negara ini berpidato. 

Di luar gedung Istora, ada juga spanduk bertuliskan "Kepala Desa se-Indonesia Setia Bersama Ir. Joko Widodo."

Dukungan untuk Jokowi tiga periode, kata Surtawijaya, adalah fakta yang terjadi di lapangan karena eks Wali Kota Solo ini dinilai sudah memenuhi beberapa aspirasi dari kepala desa.

"Sekarang kami punya timbal balik, beliau peduli sama kami, itulah harapan kami. Siapa tahu ke depan semua lebih baik, teman-teman sepakat tadi, 3 periode, lanjutkan," kata dia.

Menurut Surtawijaya, deklarasi tiga periode sebenarnya akan disampaikan terbuka dalam acara hari ini di depan Jokowi. Tapi rencana ini urung karena dilarang sejumlah pihak, dari Paspampres sampai menteri.

"Tadinya mau hari ini, dilarang sama semua. Saya capek dilarang sono-sini," kata dia.

Salah satu yang melarang deklarasi Jokowi 3 periode di acara ini, kata Surtawijaya, adalah Luhut yang juga Ketua Dewan Pembina APDESI. 

"Dia ngelarang malah, tadi saya udah mau teriak 3 periode, dilarang semua," ujarnya.

Di sisi lain, Surtawijaya mengklaim dukungan Jokowi 3 periode ini murni aspirasi dari kepala desa dan bukan arahan dari siapapun. 

"Mana ada kepala desa diarahin? Kami nggak mau ada yang urusan kayak gitu, tapi pure kan, pure gini kepala desa jawara, intelektualnya banyak juga," kata dia.

Dukungan Jokowi 3 periode, kata dia, murni dukungan timbal balik atas aspirasi yang dikabulkan selama ini.

"Dilihat ini (tuntutan) dikabulkan, sekarang giliran aku belain dia (Jokowi). Kenapa? Timbal balik dong, tadi kan aku bilang 1-0, sekarang 1-1, artinya kepala desa berjuang," ujarnya.

Dukungan untuk Jokowi 3 periode juga sempat disampaikan saat acara oleh seorang kepala desa dari Aceh Tenggara, Aceh, yang bernama Muslim kepada Luhut. Permintaan disampaikan sebelum Jokowi datang ke lokasi acara.

"Tolong ini sebagai permintaan kami kepada bapak. Saya yakin bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode setuju?" kata Muslim. 

Ribuan kepala desa yang hadir ini pun kompak meneriakkan kata "setuju".

Sumber: Tempo

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »