PILIHAN REDAKSI

Evaluasi Standar Pelayanan, Bupati Harapkan Disdukcapil Pertahankan Prediket Sebagai Role Model Pelayanan Publik

BENTENGSUMBAR.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman kembali melakukan evaluasi ...

Advertorial

Kuliah Umum Muhammad Nuh di UNU Sumbar: Tanamkan Karakter Optimis Seluruh Civitas Akademik

          Kuliah Umum Muhammad Nuh di UNU Sumbar: Tanamkan Karakter Optimis Seluruh Civitas Akademik
Kuliah Umum Muhammad Nuh di UNU Sumbar: Tanamkan Karakter Optimis Seluruh Civitas Akademik
BENTENGSUMBAR.COM – Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) punya potensi besar untuk menjadi perguruan tinggi yang patut dibanggakan. Walaupun saat ini masih kecil, Insya Allah nanti bisa menjadi besar.

Demikian diungkapkan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr.Ir. KH. Muhammad Nuh, DEA, Senin (7/3/2022) pada kuliah umum di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar), di kampusnya  Jalan S. Parman. 

Kuliah umum bertemakan, Pengembangan Lembaga Pendidikan NU Menuju Satu Abad NU, dihadiri Rektor UNU Sumbar Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si, Wakil Rektor, dosen dan mahasiswa UNU Sumbar.

Menurut Muhammad Nuh, untuk menjadi besar, seluruh civitas akademi UNU Sumbar harus membuang hal-hal negatif yang akan menghambat maju dan berkembangnya UNU Sumbar.

Sebaliknya, lakukan hal-hal yang positif sehingga mempercepat perkembangan dan kemajuan yang akan diraih UNU Sumbar. 

“Tanamkan karakter optimis pada seluruh civitas akademik UNU Sumbar. Sebagai perguruan tinggi yang baru berdiri beberapa tahun ini, wajar kondisinya masih kecil. Perguruan tinggi yang besar itu pada awalnya juga lahir dari kondisi yang kecil,” tutur Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2009-2014 ini.

Dikatakan Muhammad Nuh, sekarang kondisi UNU Sumbar masih kecil, itu wajar. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana terus merawat UNU Sumbar. Dengan merawat UNU dengan baik, insya Allah UNU Sumbar bisa menjadi besar nantinya. 

Menurut Muhammad Nuh, diharapkan UNU nantinya menjadi bagian dari penggerak dari organisasi Nahdlatul Ulama, penggerak pembangunan di tengah masyarakat dan penggerak dalam kehidupan yang lebih baik.

“Semangat belajar mahasiswa UNU jangan sampai kendur dengan kondisi yang ada. Harus lebih semangat dan merasa bangga kuliah di UNU Sumbar ini. Mahasiswa UNU Sumbar harus lebih giat belajar untuk meraih yang terbaik. Mahasiswa UNU Sumbar memiliki kesempatan yang sama dengan mahasiswa lain untuk meraih prestasi akademik terbaik,” tutur Muhammad, mantan Menteri Kominfo RI ini menyemangati mahasiswa.

Sebelumnya, Rektor UNU Sumbar Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si melaporkan, saat ini  ada 10 program studi di UNU Sumbar sudah terakreditasi.

Masing-masing tiga program studi pada jurusan Fakultas Teknik, empat program studi Fakultas Sosial dan Humaniora dan 3 program studi Fakultas Sains.

Semua prodi sudah terekreditasi. Masing-masing prodi di Fakultas Teknik adalah Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.

Fakultas Sosial dan Humaniora prodi Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggis. Fakultas Sains prodi Agrobisnis, Manajemen Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan. 

“Sedangkan jumlah mahasiswa mencapai 816 orang. Untuk peningkatan kompetensi dosen, kini ada 5 orang dosen UNU tengah menyelesaikan program doktor. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, UNU Sumbar melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk kerja sama dengan Universitas Negeri Padang,” kata Yunia Wardi menambahkan. (AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »