Singgung Ulama Penjilat, Habib Bahar: Mereka Itu Kera-Kera Bersorban, Hey Kiyai Monyet!

BENTENGSUMBAR.COM – Beredar video lawas Habib Bahar bin Smith singgung ulama penjilat pemerintah, dengan keras ia menyebut mereka itu kera-kera bersorban.

Habib Bahar bin Smith berpendapat bahwa habib dan ulama boleh mendekati pemerintah hanya untuk memberi nasihat kepada mereka, sedangkan ulama dan habib yang mendekati pejabat untuk mencari harta, maka mereka adalah kera-kera bersorban.

Pernyataan tersebut disampaikan Bahar bin Smith dalam salah satu kajian ceramahnya, dengan keras ia peringatkan para tokoh agama untuk tidak menjadi penjilat para pejabat negara.

Video itu diunggah oleh channel youtube Teuku Safan, dengan judul ‘Habib Bahar memanas!? Ceramah Peringatan Keras Bagi Kera2 Bersorban’, sebagaimana dilansir pada Sabtu, 19 Maret 2022.

“Ulama dekat dengan pejabat tidak apa-apa, gak apa-apa, tapi untuk menasihati mereka!,” ujar Bahar bin Smith menjelaskan.

“Untuk memberikan petunjuk kepada mereka, jelaskan mereka, jelaskan yang hak itu apa yang batil itu apa,” ujar Bahar bin Smith melanjutkan.

“Bukan dekat sama pejabat untuk cari dunia, untuk jualan agama, itu namanya kera-kera bersorban!,” ujar Bahar bin Smith melanjutkan.

“Kalau ada ulama kaya gitu panggil mereka, hey kiyai monyet!,” ujar Bahar bin Smith melanjutkan.

“Hey guru monyet! ada habib begitu, hey habib monyet!,” ujar Bahar bin Smith melanjutkan.

Kemudian, Habib Bahar bin Smith menjelaskan ulang bahwa boleh mendekati pejabat untuk memberikan nasihat, bahkan ia menceritakan pernah ada habib yang mencium kaki sultan untuk kemaslahatan umat.

“Deket pejabat gak apa-apa, bahkan dalam sejarah diceritakan oleh Habib Ahmad, bahwasanya Habib Abdullah Al-Idrus beliau pernah mencium kakinya sultan untuk maslahat umat,” ujar Bahar bin Smith menjelaskan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »