PILIHAN REDAKSI

Luhut Dapat Tugas Baru dari Jokowi untuk Urus Minyak Goreng: Semoga Tidak Lama Bisa Terselesaikan

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo kembali menjadi memberikan tugas khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Inv...

Advertorial

Terbongkar Ketua IDI yang Pecat dr Terawan Ternyata Pengurus Ormas Keagamaan Ini yang Sering Serang Gus Yaqut

          Terbongkar Ketua IDI yang Pecat dr Terawan Ternyata Pengurus Ormas Keagamaan Ini yang Sering Serang Gus Yaqut
Terbongkar Ketua IDI yang Pecat dr Terawan Ternyata Pengurus Ormas Keagamaan Ini yang Sering Serang Gus Yaqut
BENTENGSUMBAR.COM – Pemecatan dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia atau IDI tengah menjadi polemik.

Apalagi setelah terbongkar jabatan Ketua IDI menjadi pengurus salah satu ormas keagamaan yang sering tentang Menteri Agama Yaqut Cholit Qoumas atau Gus Yaqut.

Dilansir dari Warta Ekonomi jaringan media Suara Ketua IDI saat ini dijabat oleh dr Muhammad Adib Khumaidi SpOT. Namanya kini menjadi trending di social media khususnya Twitter.

Ketua IDI trending di Twitter
Ini lantaran tagar Ketua IDI menyembul ke permukaan di cuit oleh para pengguna social media berlogo burung biru itu. 

Tercatat lebih dari 2 ribu pengguna telah menyematkan nama ketua IDI di platform tersebut.

Jika ditelisik Sosok dr Muhammad Adib Khumaidi SpOT diangkat sebagai ketua sejak muktamar IDI XXXI pada ke-31 di Kota Banda Aceh. Mulai saat itu dia menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia.

Ketua IDI dijabat dr Muhammad Adib Khumaidi

“Dokter Adib sudah dikukuhkan sebagai ketua umum. Beliau terpilih dalam Muktamar IDI ke-30 di Samarinda,” kata Ketua Panitia Muktamar IDI ke 31 dr Nasrul Musadir Alsa di Banda Aceh kala itu.

Nasrul menerangkan bahwa mekanisme pemilihan ketua baru di IDI lain jika dibandingkan dengan normalnya organisasi lain. 

Sebelumnya, Adib terpilih sebagai Ketua PB IDI periode 2022-2025 dalam Muktamar ke-30 di Samarinda pada 2018.

Tetapi, pada periode 2018-2022, Adib menjabat sebagai wakil ketua umum sampai nanti pada waktunya dikukuhkan menjadi ketua umum periode selanjutnya yakni di Muktamar ke-31 di Banda Aceh.

Sementara itu, ketua umum periode 2025-2028 yang terpilih dalam Muktamar IDI ke 31 di Banda Aceh yakni dr Selamet Budiarto.

Dalam kepengurusan periode 2022-2025, Selamet akan menjabat sebagai wakil ketua umum terlebih dahulu, hal itu untuk mendukung Adib Khumaidi dalam melaksanakan tugas.

“Jadi dokter Selamet menjabat sebagai wakil ketua umum dulu, nanti 2025-2028 baru menjabat sebagai ketua umum dikukuhkan dalam muktamar selanjutnya,” terang Nasrul.

dr Muhammad Adib Khumaidi juga pengurus MUI

Ketua IDI, dr Muhammad Adib Khumaidi SpOT diketahui juga menjadi pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia menjabat sebagai Ketua Lembaga Kesehatan MUI.

MUI disebut oleh Menteri Agama Gus Yaqut sebagai ormas. Hal itu ketika Kementrian Agama menerbitkan logo Halal baru.

Gus Yaqut saat itu menerangkan sertifikasi halal juga akan diterbitkan oleh Kementrian agama bukan lagi ormas. MUI kerap kali berseberangan dengan Gus Yaqut.

Melalui Wakil Ketua Umum Anwar Abbas, MUI seringkali melontarkan kritikan terhadap Gus Yaqut. Salah satunya terkait penerbitan logo halal baru.

Bahkan, beberapa kali MUI menyerang logo halal itu sebagai hal yang terlalu mengedepankan budaya Jawa karena berbentuk mirip Gunungan Wayang yang memang identik dengan kesenian dalam budaya Jawa.

Sumber: HopsID
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »