Anak Aia, Awas "Kutukan" Terminal

PEMBANGUNAN Terminal Tipe A Anak Aia, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, di lahan seluas 4,5 hektar yang menelan dana Rp72 miliar sudah rampung, dan katanya Agustus 2021 ini diresmikan, setelah beberapa kali diundur-undur.

Dalam catatannya, pembangunan terminal di Sumbar banyak yang gagal maning. Entah bagaimana, seperti ada "kutukan" saja.

Sebutlah Terminal Regional Bengkuang (TRB) Aia Pacah di Kota Padang, yang sekarang sudah dilipat menjadi kantor Balaikota Padang. Betapa megahnya bangunan terminal tersebut waktu itu.

Kemudian Terminal Jati di Kota Pariaman, Terminal Bukik Surungan di Kota Padang Panjang dan Terminal Bareh Solok di Kota Solok. Semuanya berujung "kutukan", yakni gagal termanfaatkan sebagai terminal yang benar-benar bisa disebut terminal.

Mencermati ini, jangan sampai Terminal Anak Aia terkena "kutukan" pula. Maksudnya, terminal yang sudah dibangun megah-megah tersebut, gagal difungsikan. Akhirnya menjadi bangunan yang terbengkalai (lagi).

Dengan beragamnya masalah yang akan dihadapi ke depan, hal ini perlu menjadi perhatian pengelola dan stakeholder yang terkait, agar benar-benar masak dalam perhitungannya.

*Ditulis Oleh: Isa Kurniawan, Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar (Kapas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »