PILIHAN REDAKSI

Ekspor CPO kembali Dibuka, Andre Rosiade: Solusi Menyelamatkan Petani

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka kembali ekspor sawit mentah (CPO) dan minyak goreng mulai Senin ...

Advertorial

Hari Ketiga Safari Ramadhan, Bupati Minta TK Kasih Ibu Dibantu

          Hari Ketiga Safari Ramadhan, Bupati Minta TK Kasih Ibu Dibantu
Hari Ketiga Safari Ramadhan, Bupati Minta TK Kasih Ibu Dibantu
BENTENGSUMBAR.COM - Harapan masyarakat untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta transportasi mengemuka di dalam penyampaian aspirasi kepada tim Safari Ramadhan (SFR) Limapuluh Kota pada Selasa (05/04/2022). Masyarakat Jorong Tabek Panjang Nagari Koto Baru Simalanggang kepada Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo selaku pimpinan Tim I SFR menyampaikan meminta agar TK Kasih Ibu agar ditingkatkan fasilitas penunjang pendidikan pada TK tertua di simalanggang itu. Sementara itu, di Jorong Taratak Nagari Tanjung Gadang kepada Tim IV SFR masyarakat meminta jalan Provinsi di Kawasan Alang Lauik Tanjuang Gadang agar diusulkan kepada pemerinth propinsi Sumatera Barat agar dilaksanakan perbaiki karena kondisinya sudah rusak berat dan berdampak kepada aktifitas perekonomian warga tanjung gadang.

Dalam rangka silahturahmi dan mengumpulkan aspirasi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota membentuk tim Safari Ramadhan selama pelaksanaan Ramadhan 1443 H yang mengunjungi sebanyak 35 masjid di 13 kecamatan. Pada Selasa (05/04/2022), diputaran ketiga safari ramadhan sebanyak lima tim Safari Ramadhan melakukan kunjungan ke lima nagari di Kabupaten Limapuluh Kota Tim I yang dipimpin oleh Bupati mengunjungi Masjid Istiqomah, tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati mengunjungi Masjid Darul Falah, dan tim III yang dipimpin oleh Ketua DPRD mengunjungi Masjid Al-Ihsan. Sedangkan dua tim lainnya yakni tim IV yang dipimpin oleh Kajari dan tim VI yang dipimpin oleh Kapolres Kota Payakumbuh mengunjungi Masjid Mukhlisin dan Masjid Jami’atul Huda. Selain menampung aspirasi masyarakat, Tim I dan Tim IV juga menyerahkan hibah bantuan pemberdayaan masjid total Rp 40 juta, dengan rincian masing-masing kepada Pengurus Masjid Istiqomah dan Masjid Mukhlisin Rp 20 juta.

“Saya intruksikan kepada Kepala Dinas Pendididan dan Kebudayaan untuk menindaklanjuti permintaan peningkatan sarana dan prasana di TK Kasih Ibu,” ujar Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo merespon permintaan warga pada kesempatan dialog bersama TSR I.

Sebelumnya, aktifitas Tim Koto Baru Simalanggang sempat diwarnaiturunnya hujan diwilayah tersebut ternyata tak menyurutkan antusiasme masyarakat Jorong Tabek Panjang, Nagari Koto Baru Simalanggang dalam menyambut Tim 1 yang dikomandoi Bupati Limapuluh Kota. TSR I juga berbuka bersama masyarakat Jorong Tabek Panjang di Masjid Istiqomah. Turut tergabung dalam TSR Sekda Lima Puluh Kota Widya Putra, Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Mikar, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota Nevy Safaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati Munir, Kepala Distanhorbun Witra Porsepwandi, Plt Kepala Dinas PUPR Rilza Hanif, Plt Kepala Bapelitbang Aimel Nazra, Kepala Kemenag Tanjung Pati Naharuddin, Dirut PDAM Lima Puluh Kota Zulbadri.

Dibagian lain dari penyampaian aspirasi warga oleh Wali Nagari Koto Baru Simalanggang M.Rizal, juga meminta kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan untuk meningkatan kontruksi irigasi pertanian dengan kualitas rabat beton. betonisasi irigasi pertanian mengingat 90% masyarakat Koto Baru Simalanggang berprofesi sebagai petani. Selain itu, kepada Dinas Pekerjaan Umum Dan Pekerjaan Ruang, warga Jorong Subarang Tabek segera menaikkan status jalan penghubung Kabupaten Lima Puluh Kota dan Sungai Durian, Kota Payakumbuh.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Syamsul Mikar dalam sambutannya mengatakan, banyak hal positif yang dapat kita serap dari kegiatan safari ini. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi langsung kepada Pemerintah Daerah, sebab safari Ramadhan ini salah satu tujuannya menjemput aspirasi. Seterusnya Ia berharap seluruh program yang diusung oleh pemerintah daerah dalam membangun Lima Puluh Kota dapat berjalan lancar dan didukung penuh oleh warga Koto Baru Simalanggang khususnya. "Semoga aspirasi bapak dan ibu dapat kita serap dan dilaksanakan secepatnya," seru Syamsul Mikar. 

Sementara itu, Bupati Safaruddin mengatakan, disamping menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat, kegiatan safari ini merupakan wujud nyata dari kehadiran pemerintah daerah mendengarkan langsung aspirasi masyarakat terkait kelanjutan pembangunan daerah di masa mendatang. Ia berharap kegiatan safari ramadhan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Seterusnya, Bupati Safaruddin juga menyampaikan Lima Program Unggulan yang dimiliki Pemkab Limapuluh Kota yaitu peningkatan sumber daya manusia, mendorong pertumbuhan ekonomi lintas sektoral, mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan, meningkatkan kualitas layanan publik serta meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu. "Saya berharap masyarakat mendukung seluruh program pembangunan pemerintah yang sedang berjalan", tuturnya. Di kesempatan itu, Bupati Safaruddin juga mengingatkan masyarakat untuk berpacu meningkatkan keimanan dan amal ibadah selama bulan suci ramadhan ini dan tidak lupa untuk tetap menjaga diri dari berbagai macam penyakit salah satunya dari ancaman virus covid-19. Usai melaksanakan sholat tarawih berjemaah Bupati Safaruddin menyerahkan bantuan uang tunai sebesar 20 juta rupiah yang diterima oleh pengurus Masjid Istiqomah. 

Di tempat yang berbeda, Wakil Ketua Tim IV Kepala Badan Keuangan Irwandi mengatakan bakal menghimpun aspirasi masyarakat Tanjung Gadang agar jalan provinsi di kawasan Alang Lauik untuk diusulkan perbaikannya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. “Tahun 2022 akan dilaksanakan pemeliharaan jalan propinsi sepanjang 450 meter di Lareh Sago Halaban. Dan usulan kita untuk peningkatan ruas jalan propinsi di ruas yang sama telah dimasukkan dalam perencanaan pemerintah provinsi Sumtera Barat Tahun 2023,” ujar Wakil Ketua Tim IV TSR Limapuluh Kota. (Dikky)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »