PILIHAN REDAKSI

152 KPM Terima BLT - DD tahap I di Nagari Limpato Sungai Sariak

BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menghadiri penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap ...

Advertorial

Muhammadiyah Heran Masyarakat Indonesia Religius tapi Korupsi Tinggi

          Muhammadiyah Heran Masyarakat Indonesia Religius tapi Korupsi Tinggi
Muhammadiyah Heran Masyarakat Indonesia Religius tapi Korupsi Tinggi
BENTENGSUMBAR.COM - Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafiq Mughni mencatat, dari survei 34 Negara yang dilakukan Pew Research Center pada tahun 2022, Indonesia mendapat angka 96 persen sebagai negara paling religius di dunia. Namun, ada hal yang bertolak belakang.

Syafiq mengatakan, walaupun tingkat religiositas tinggi, namun hal tersebut tidak membuat tingkat korupsi di Indonesia menjadi rendah.

Menurutnya, justru negara-negara maju di Eropa yang memiliki tingkat religiositas rendah malah memiliki tingkat korupsi yang rendah pula.

“Sekarang kalau kita melihat negara-negara Eropa, Belanda itu cuma 39 persen. Tetapi ternyata Belanda itu menduduki no 8 sebagai negara terbersih dari korupsi," ujar Syafiq dalam laman resmi Muhammdiyah, Rabu (6/4/2022).

Bagi Syafiq, hal tersebut menimbulkan tanda tanya besar tentang religius dengan budaya korupsi. 

"Ini menumbuhkan pertanyaan apakah ada korelasi antara tingkat religiusitas dengan kebersihan tindak korupsi itu?” ucap Syafiq.

Menurut Syafiq, hal tersebut ditakutkan menimbulkan praduga di masyarakat.

Dia takut, ada pihak yang tidak bertanggung jawab menggiring opini jika semakin tinggi sifat religius negara semakin tinggi pula kasus korupsi.

“Jangan-jangan nanti ada hipotesis (orang tidak bertanggung jawab) bahwa tidak religius sebuah bangsa, maka bangsa itu semakin bersih dari korupsi,” tuturnya.

Sumber: iNews
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »