PILIHAN REDAKSI

Yolla Yuliana, Bidadari Voli Indonesia yang Bikin 3 Pria Terlena

BENTENGSUMBAR.COM - Ada tiga pria tampan yang pernah terlena oleh kecantikan bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana. Yolla Yuli...

Advertorial

Tim Safari Ramadan V Pemprov Sumbar Kunjungi Musala Alam Siang Solok, DR Yasrul Huda Ingatkan ABS-SBK, DR Muslim Tawakal Sentil...

          Tim Safari Ramadan V Pemprov Sumbar Kunjungi Musala Alam Siang Solok, DR Yasrul Huda Ingatkan ABS-SBK, DR Muslim Tawakal Sentil...
TSR V Pemprov Sumbar menyerahkan bantuan untuk Musala Alam Siang Surau Balenggek Alam Siang sebesar Rp20 juta.
BENTENGSUMBAR.COM - Tim Safari Ramadan V Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Musala Alam Siang Surau Balenggek Alam Siang Nagari Muaro Pingai Kabupaten Solok, Sabtu, 9 April 2022.

Tim dipimpin Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang diwakili oleh Wakil Rektor DR. Yasrul Huda, MA. Dalam rombongan juga ikut Rektor UPI, Komisioner KPID Sumbar Robert Cenedy,  Penceramah DR. H. Muslim Tawakal, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, tim media dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Yasrul Huda menyampaikan program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di bidang keagamaan. Salah satunya penerapan nilai-nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai.

"Pemprov Sumbar memiliki program keagamaan berbasis surau dalam penerapan falsafah adat, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai," ungkap Yasrul Huda.

Dikatakan Yasrul Huda, di zaman dulu, surau tak hanya menjadi pusat pendidikan agama, tetapi juga adat dan sosoal budaya.

"Di surau juga dipelajari soal adat, disamping menjadi tempat beribadah, mengaji, belajar ilmu Quran, fiqh, hadis dan ilmu agama lainnya," jelasnya.

Bahkan, di surau anak-anak Minagkabau juga diajarkan silat, beladiri yang menjadi bekal fisik mereka saat menempuh rantau atau negari orang. 

"Nah, Pemprov Sumbar kembali menggalakan itu. Apalagi gubernur kita seorang ustad. Kami mengajak warga di sini untuk ikut menyukseskan program tersebut," harapnya.

Yasrul Huda juga mengajak anak-anak di Nagari Muaro Pingai untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. "Kami di UIN, siap menampung anak-anak kita untuk didik menjadi intelektual muslim," katanya.

Pada kesempatan itu, TSR Pemprov Sumbar juga menyerahkan bantuan untuk Musala Alam Siang Surau Balenggek Alam Siang sebesar Rp20 juta.

Pengurus Musala Alam Siang Surau Balenggek Alam Siang Alfisdon Yerman menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan rombongan TSR V Pemprov Sumbar. 

Senada dengan itu, Bupati Solok yang diwakiki Wali Nagari Muaro Pingai, Dodi Herrman Datuk Parpatih Nan Hitam menyambut baik kedatangan TSR V Pemprov Sumbar. Ia pun memaparkan kondisi Nagari Muaro Pingai panjang lebar.

Penceramah DR. H. Muslim Tawakal mengawali ceramahnya dengan cerita perjalanan TSR V Pemprov Sumbar.

"Di Kota Pariaman kami disambut Wakil Wali Kota, di Pasaman kami dijamu dan disambut Wakil Bupati, dan di sini kami disambut baik oleh Wali Nagari. Kita berbaik sangka saja, mungkin bupati ada kegiatan lain," ujarnya.

Dalam ceramahnya, DR. Muslim Tawakal mengingatkan jamaah, bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara. Maka damaikanlah saudara mu yang bertengkar. 

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat," ungkapnya mengutip Quran Surah Al Hujarat ayat 10. (by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »