PILIHAN REDAKSI

Tiga Hari Tak Pulang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Membusuk

BENTENGSUMBAR.COM – Sesosok mayat pria ditemukan sudah membusuk di Kali Cimenyan, Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamakmur, Kabupat...

Advertorial

Usai Bertemu Wiranto, BEM Nusantara Batal Ikut Demo Tolak Jokowi 3 Periode?

          Usai Bertemu Wiranto, BEM Nusantara Batal Ikut Demo Tolak Jokowi 3 Periode?
Usai Bertemu Wiranto, BEM Nusantara Batal Ikut Demo Tolak Jokowi 3 Periode?
BENTENGSUMBAR.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM Nusantara hari ini bertemu dengan Kepala Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto di Kantor Wantimpres, Jakarta Pusat. 

Ditemui usai pertemuan, BEM Nusantara menyatakan masih menimbang-nimbang rencana ikut demo menolak wacana Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode atau penundaan Pemilu 2024.

"Kemarin kami sudah konsultasi (internal), tapi belum ada kesepakatan," kata Koordinator BEM Nusantara Pulau Jawa, Ahmad Marzuki,Jumat, 8 April 2022.

Sebelumnya, rencana demo mahasiswa disuarakan oleh BEM Seluruh Indonesia, kelompok mahasiswa lainnya, pada 11 April 2022. 

Marzuki mengakui isu yang akan diangkat BEM Seluruh Indonesia sama dengan isu yang mereka angkat, yaitu Jokowi 3 periode.

"Tapi kali ini kami lebih memakai jalur audiensi, apa yang bisa kita sampaikan ya kami sampaikan," kata dia. 

Akan tetapi, BEM Nusantara yang datang karena ada undangan Wiranto ini membantah kalau ada anggapan eks Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan, ini menggembosi mahasiswa agar mengurungkan niat demo.

Marzuki menyebut mahasiswa juga tidak menolak semua program pemerintah. 

"Jika program tersebut baik kepada masyarakat, ya enggak ada alasan ditolak. Tetapi program pemerintah yang kurang berpihak ke masyarakat, menang kita tolak," kata dia.

Di sisi lain, Wiranto mengatakan tidak ada yang melarang mahasiswa demo.

Ia hanya mempertanyakan tujuan dilakukan demo, ketika isu Jokowi 3 periode tersebut memang tidak mungkin terjadi dan sudah dijawab oleh presiden.

"Bukan melarang, tapi kan kita berkomunikasi," kata dia dalam konferensi pers usai pertemuan, Jumat, 8 April 2022.

Wiranto juga mengingatkan kalau saat ini merupakan bulan suci Ramadan.

Tentunya, kata dia, akan lebih arif untuk bisa menyikapi hal-hal yang memang bisa dibicarakan dengan baik. 

Itulah alasannya, kata Wiranto, dirinya dan sejumlah anggota Wantimpres hari ini bertemu para mahasiswa.

"Ketimbang panas-panas di jalan, lebih baik kita bicara di ruangan yang adem, ngomong, bicara, kira-kira bagaimana sih," kata dia. 

Ia pun menjamin tidak mungkin tidak akan mendengarkan.

Akan tetapi, pertemuan digelar Wiranto bersama BEM Nusantara. Sedangkan, pihak yang berencana menggelar demo adalah BEM Seluruh Indonesia. Ini adalah dua kelompok BEM yang ada di tengah mahasiswa.

Sebelumnya, BEM SI mengajak aliansi mahasiswa serta BEM semua universitas untuk bergabung dalam demo 11 April mendatang. Ajakan tersebut telah diinformasikan melalui instagram @bem_si.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI akan membuat gerakan, sebagaimana jawaban dari H+14 sejak hari yang telah dijanjikan oleh pak Jokowi menjawab 6 tuntutan rakyat terbilang 11 April mendatang," demikian isi ajakan demo di akun instagram @bem_si.

Sumber: Tempo
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »