BPKH Resmikan Asrama Putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang

BENTENGSUMBAR.COM - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI meresmikan bangunan asrama Putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, Sabtu,(28/05).

Peresmian bangunan tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi pemanfaatan program kemaslahatan tahun 2021 BPKH RI dengan Pondok Pesantren yang ada di Indonesia. Hadir dalam peresmian tersebut dewan pengawas BPKH RI, Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., CA., Ak. Pimpinan Pusat LazisMu, Muarawati Nurmalinda, M.Pa, serta Anggota Komisi VIII DPR RI, H. Mhd. Asli Chaidir, SH. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat, Dr. Bachtiar M.Ag, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padangpanjang, Batipuh, X Koto, Amiruddin, M.Ag dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Padangpanjang, Batipuh, X Koto, Rusmaida Nasution, M.Pd.

Dalam sambutannya, Akhyar Adnan menyampaikan harapan agar bangunan asrama ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya menjadi tempat para santri menimba ilmu. Sehingga keterkendalaan yang selama ini dialami oleh pondok pesantren soal sarana prasarana dapat diselesaikan dengan baik. Dia juga menyampaikan bahwa dana yang diperuntukkan dalam pembangunan asrama ini bukanlah dana haji, melainkan dana bagi hasil yang sesuai prinsip syariah.

“Biaya pembangunan ini tidak menggunakan dana haji melainkan dana bagi hasil yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, nirlaba, transparan dan akuntabel,” katanya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa, bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil dana abadi umat (DAU) sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan salah satunya dalam bidang pembangunan sarana pendidikan.

Sejalan dengan itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatra Barat, Dr. Bachtiar, M.Ag mengungkapkan rasa syukur atas program yang dilaksanakan oleh BPKH yang mana pengelolaannya diserahkan kepada LazisMu Pusat. Hal ini menjadi jalan hadirnya asrama Putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

“Pembangunan asrama masuk ke dalam pendidikan dan dakwah. Pembangunan asrama santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah  sebagai bentuk dukungan sarpas untuk kemajuan proses belajar mengajar Pondok Pesantren. Kolaborasi ini merupakan mitra yang sangat strategis, dan kami atas nama pimpinan Muhammadiyah Sumatra Barat sangat berterimakasih sekali atas program ini. Semoga dapat bermanfaat dan istiqomah,”katanya.

Sementara menurut Pimpinan Pusat LazisMu, Muarawati Nurmalinda, M.Pa, menyampaikan ucapan terimakasih dengan terbangunnya kerjasama antara BPKH dan LazisMu. Dengan hadirnya asrama putra yang baru diharapkan kinerja pondok pesantren dalam melahirkan generasi Cerdas berkemajuan semakin mudah dan lancar.

“Alhamdulillah siang hari ini kita bersyukur dengan diresmikannya asrama santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang yang berada dibawah pengelolaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padangpanjang, Batipuh, X Koto, atas kolaborasi BPKH RI bersama LAZISMU menjadi jalan washilah terbangunnya asrama ini. Semoga semakin memudahkan pondok pesantren dalam mendidik dan melahirkan lulusan terbaik untuk membangun bangsa Indonesia ini,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Dr. Derliana, MA menyampaikan bahwa asrama Putra Pondok Pesantren ini tidak hanya dimanfaatkan untuk istirahat saja tetapi juga dipergunakan sebagai tempat belajar pada malam hari.

“Atas nama Pondok Pesantren, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang memiliki prakarsa hingga  pembangunan asrama santri dapat diwujudkan. Kami akan manfaatkan asrama ini tidak hanya sebagai tempat istirahat santri tapi juga sebagai tempat belajarnya santri pada malam hari. Semoga segala yang telah dicurahkan untuk pembangunan asrama ini menjadi amal jariyah bagi bapak/ibu sekalian,” ucap Derliana. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »