PILIHAN REDAKSI

Dengar Teriakan Perempuan dari Dalam Rumah, Warga Pisang Pauh Amankan Sepasang Mahasiswa, Ngakunya Nikah Siri

BENTENGSUMBAR.COM - Mendengar teriakan minta tolong, warga  RT 04/RW 04 Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera ...

Advertorial

Bupati Padang Pariaman Resmikan Sabermas Baru di Nagari Pauah Kamba

          Bupati Padang Pariaman Resmikan Sabermas Baru di Nagari Pauah Kamba
Bupati Padang Pariaman Resmikan Sabermas Baru di Nagari Pauah Kamba
BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM meresmikan kegiatan Sabermas Baru (Satu Hari Bersama Masyarakat untuk Membuat Perubahan) bertempat di Lapangan Bola Parit Nagari Pauah Kamba Kecamatan Nan Sabaris, pada Senin (23/5).

Kegiatan Sabermas Baru yang digagas  Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, diikuti Disdukcapil, Diskominfo, BPBD, Diskearpus, Distan KP, Dinas Perikanan, Dinsos P3A, DPPKB, Kantor Kemenag, BAZNAS, Samsat dan BPJS Kesehatan. Berbagai jenis pelayanan dari beberapa Instansi terkait itu, dilaksanakan selama satu hari bagi masyarakat di Nagari yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, Kapolres Padang Pariaman diwakili Kapolsek Nan Sabaris AKP Andranova SH MH. Kapolres Pariaman diwakili Kasi Propam IPTU. Pol. Mamat Nursalim, Dandim 0308 Pariaman diwakili oleh Danramil 07 Pauh Kambar Letda Syahrul, Ketua TP. PKK Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur, Wakil Ketua BAZNAS M. Zaki dan Zulfahmi, Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Padang Pariaman, Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Jasneli, MARS, Camat Nan Sabaris Syamsunar, BA, anggota Forkopimca Nan Sabaris dan Wali Nagari se Kecamatan Nan Sabaris beserta tokoh masyarakat setempat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Nagari Pauh Kambar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dr. Aspinuddin, mengatakan kegiatan itu merupakan upaya bersama dari seluruh lintas sektor untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Nagari dan program Sabermas Baru akan memberikan kemudahan kepada masyarakat ekonomi lemah, khususnya layanan bidang kesehatan.

"Masing-masing instansi dan stakeholder terkait yang memiliki program di Nagari akan melaksanakan kegiatan secara serentak pada hari tersebut. Seperti pelayanan kesehatan, bantuan benih ikan, bantuan BAZNAS, pelayanan yang terkait perizinan dan administrasi kependudukan, serta beberapa program strategis lainnya dari instansi teknis," ujar Aspinuddin.

Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman beserta jajarannya. Karena telah berinovasi dan sebagai penggagas kegiatan Sabermas, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat di Nagari. Program kolaborasi Sabermas yang tersedia, dalam bentuk layanan perizinan, administrasi kependudukan dan berbagai jenis bantuan kepada masyarakat. 

"Kegiatan ini, jelas sangat membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Visi Padang Pariaman Berjaya melalui program Satu Hari Bersama Masyarakat untuk Membuat Perubahan (Sabermas Baru) di Nagari. Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan mereka merasakan bahwa Pemerintah Daerah selalu hadir di tengah masyarakat," ujar Suhatri Bur.

Adapun jenis-jenis pelayanan yang tersedia dalam program Sabermas Baru, pengurusan SIM dan pajak kendaraan bermotor, pembuatan e-KTP, pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA), pengurusan kartu BPJS kesehatan, pelayanan kesehatan ibu hamil dan pemeriksaan mata, layanan internet gratis serta pelayanan perpustakaan keliling.

Bupati Padang Pariaman bersama anggota Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat di Nagari Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris. Diantaranya, bantuan beasiswa dari BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman untuk siswa-siswi mustahiq. Sebanyak 40 orang siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) menerima beasiswa masing-masing Rp. 350.000 dengan jumlah Rp. 14.000.000,- dan sebanyak 15 orang siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) masing-masing menerima Rp. 450.000,- dengan total jumlah Rp. 6.750.000,-. Kemudian, bantuan jamban sehat untuk 8 keluarga, masing-masing menerima Rp. 1.000.000 dan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai Rp. 12.500.000,- kepada Irmawati. Dari Dinas Perikanan, diberikan bantuan kolam terpal dan bantuan bibit lele dan nila serta pelet.

Dalam program Sabermas Baru itu, juga dilaksanakan pemasangan dan pencabutan alat kontrasepsi, sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sosialisasi pelayanan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTPA) dan sosialisasi Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Si Sigap) serta diakhiri dengan senam bersama. (R/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »