PILIHAN REDAKSI

Andi Mallarangeng Sebut Rakyat Indonesia Rindu Era SBY

BENTENGSUMBAR.COM - Partai Demokrat optimistis menghadapi tahun politik 2024. Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, An...

Advertorial

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat

          Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat
Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat
BENTENGSUMBAR.COM - Mengalami sakit gigi karena masalah gigi berlubang tentu bisa mengganggu aktivitas yang harus dilakukan. Pasalnya, rasa sakit yang tak tertahankan seringkali membuat seseorang kehilangan daya bahkan untuk bersikap santai sekalipun. 

Meskipun termasuk salah satu masalah gigi yang cukup serius –dan bisa menyebabkan sakit gigi yang berulang, namun bukan berarti gigi berlubang tidak bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang agar rasa sakit yang diderita bisa menjadi lega.

Ragam Cara Mengatasi Masalah Gigi Berlubang


Masalah gigi berlubang terjadi karena banyaknya bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bakteri inilah yang menghasilkan asam yang bisa mengikis lapisan gigi sehingga gigi akan keropos dan akhirnya berlubang. 

Nah, jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak ulasan selengkapnya!

1) Mengompres gigi dengan es batu

Jika sakit gigi karena gigi berlubang muncul dan terasa menyakitkan, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengompres gigi menggunakan es batu. Ini adalah cara yang cukup mudah dan juga efektif.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu membungkus beberapa bongkah es batu ke dalam waslap tipis. Setelah itu, gunakan waslap tersebut untuk mengompres gigi yang sakit dari bagian pipi. 

Kompres ini cukup membantu karena dinginnya es batu akan mengebaskan saraf pemicu nyeri. Nantinya, sakit gigi yang diderita akan mereda. 

2) Menggigit cengkeh 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang adalah dengan menggigit cengkeh. Rempah yang satu ini memiliki kemampuan unik untuk mengatasi rasa sakit gigi dengan cukup cepat.

Langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi sakit gigi menggunakan cengkeh adalah dengan menggigit batang cengkeh utuh selama beberapa saat menggunakan gigi yang sakit. Bisa jadi, Anda akan merasakan rasa sakit dan juga ngilu di bagian gigi tersebut. Namun, setelah itu, rasa sakit pada gigi akan berangsur mereda. 

3) Tambal gigi

Apabila sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang tidak kunjung reda atau Anda terlalu sering mengalaminya, maka menambal gigi yang berlubang bisa menjadi pilihan yang tepat. Prosedur ini akan dilakukan dengan cara menempelkan bahan khusus yang aman untuk menutupi gigi yang berlubang tersebut. 

Selain bisa mengantisipasi lubang pada gigi yang bertambah lebar, prosedur tambal gigi juga efektif untuk mencegah pembusukan gigi karena bakteri. Hanya saja, prosedur ini harus dilakukan secara medis dan tidak boleh dilakukan secara serampangan.

4) Memasang mahkota gigi tiruan

Jika kondisi gigi yang berlubang sudah parah dikarenakan lubang yang terlalu besar, maka pemasangan crown atau mahkota gigi tiruan bisa menjadi pilihan yang tepat. Mahkota yang dipasang ini akan membungkus semua bagian gigi yang muncul di permukaan gusi.

Umumnya, mahkota gigi tiruan yang digunakan dibuat dengan bahan porselen, resin, emas dan lainnya yang aman serta tidak menyebabkan infeksi berkepanjangan. Selain itu, mahkota gigi juga bisa dibentuk sesuai bentuk gigi seharusnya sehingga akan mengembalikan fungsi gigi yang sudah rusak.

Beberapa hal di atas merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Hanya saja, tentu, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan agar gigi Anda tetap terjaga dan bebas dari masalah gigi berlubang.

Nah, untuk mencegah masalah gigi berlubang, Anda bisa membiasakan diri menyikat gigi secara teratur dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent. Adanya kandungan fluoride di dalamnya secara efektif akan menguatkan gigi Anda! (adv)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »