Pengamat: Mudah Bagi Mahfud MD Mendepak Posisi Cak Imin di PKB

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merupakan sosok yang dapat dengan mudah diterima baik di kalangan Nahdlatul Ulama (NU), nahdliyin, dan gusdurian. 

Untuk itu, akan mudah baginya mendepak Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dari posisi ketua umum PKB.

"Kalau Mahfud MD berkeinginan untuk mendepak sekaligus berkeinginan untuk menakhodai PKB, maka tentu bukan perkara sulit bagi yang bersangkutan," ujar Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, dilansir dari RMOL, Senin (16/5).

Menurut Saiful, sosok seperti Mahfud MD lebih mudah diterima di semua kalangan, ketimbang Cak Imin. 

Apalagi dengan jaringan yang dimiliki, akan sangat mudah apabila Mahfud MD berkenan menduduki posisi ketum partai berlambang bola dunia tersebut.

"Dengan segala kontroversi sosok Muhaimin, dan dengan berbagai isu yang banyak beredar di masyarakat, bukan tidak mungkin posisi Muhaimin justru banyak dipersoalkan, apalagi Muhaimin sudah menjabat sejak 2005 di PKB, sehingga bisa jadi terdapat keinginan bagi kader agar terdapat penyegaran didalam tubuh pimpinan parpol," kata Saiful.

Selain itu, dengan posisi Mahfud MD yang saat ini sebagai Menko Polhukam, serta dengan pengetahuan di bidang hukum, maka sangat cocok untuk menggantikan Cak Imin.

"Mahfud MD juga akan lebih dapat membawa suara PKB menjadi signifikan, mengingat dalam berbagai survei sosok Mahfud MD juga banyak diperhitungkan baik sebagai capres maupun cawapres pada kesempatan pemilu yang akan datang," pungkas Saiful. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »