PILIHAN REDAKSI

KPU Sumbar Lakukan Sosialisasi Persiapan Pemilu 2024, Adiak: Jangan Ragu, KPU Pasti Jujur

BENTENGSUMBAR.COM - Kordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Izwaryani atau kerap d...

Advertorial

Pilpres 2024, Arief Poyuono Prediksi Kekuatan Jokowi Tidak Diperhitungkan Lagi

          Pilpres 2024, Arief Poyuono Prediksi Kekuatan Jokowi Tidak Diperhitungkan Lagi
Pilpres 2024, Arief Poyuono Prediksi Kekuatan Jokowi Tidak Diperhitungkan Lagi
BENTENGSUMBAR.COM – Politikus Gerindra Arief Poyuono menilai sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan menjadi king maker pada hajatan pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Menurut Arief, Jokowi tidak bakal menjadi king maker karena dia bukan pimpinan partai politik alias parpol.

“Memangnya dia (Jokowi) ketua umum parpol yang bisa jadi king maker,” ucap Arief menjawab kemungkinan Jokowi menjadi king maker di pilpres mendatang, Rabu (25/5).

Arief justru menilai mantan gubernur DKI Jakarta itu bisa saja tidak diperhitungkan lagi pada tahun politik nanti karena bukan ketum parpol.

Dia membandingkan masa akhir periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi dengan pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

“Apalagi bukan ketum parpol, wong SBY yang di Pilpres 2014 sebagai ketum parpol berkuasa saja, kehabisan baterai kok,” tuturnya.

Selain itu, mantan waketum DPP Partai Gerindra itu juga khawatir pasangan yang dijagokan Jokowi di Pilpres 2024 bukan pemenang.

“Saya malah takutnya capres yang didukung penuh Jokowi malah kalah nantinya deh, kayak capres yang didukung SBY pada Pilpres 2014, sebab baterainya Jokowi sudah habis,” ujar Arief Poyuono.

Berdasarkan arsip JPNN.com, Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia Wempy Hadir pernah memprediksi Jokowi akan menjadi salah satu king maker di Pemilu 2024.

Dia menyebut meski mantan wali kota Solo itu bukan pemilik partai, tetapi sosoknya memiliki kekuatan yang penting dipertimbangkan.

“Suka tidak suka, saya kira Jokowi hari ini bukan hanya kader partai tetapi juga punya kekuasaan yang sangat powerfull,” ucapnya.

Dia juga mengatakan Jokowi memiliki citra bersih dan sederhana, sehingga kesetiaan para pembantunya sangat tinggi.

“Jokowi menguasai kementerian dan lembaga strategis, dan kesetiaan mereka itu terhadap presiden sangat tinggi,” ujar Wempy.

Lima nama lain yang diprediksi Wempy bakal jadi king maker, ialah Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, SBY, Jusuf Kalla, dan Surya Paloh. 

Sumber: Fajar.co.id
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »