PILIHAN REDAKSI

Mujahid 212: Miyabi Pemicu Intoleran di Jakarta, Anies Baswedan dalam Bahaya

BENTENGSUMBAR.COM - Kedatangan Maria Ozawa alias Miyabi ke Jakarta, terancam batal. Mantan aktris film dewasa ini berencana men...

Advertorial

Refly Harun Tegas Bilang ke Anies Berulang Kali: Ente Tak Bisa Jadi Presiden Karena Bukan Orang Indonesia Asli

          Refly Harun Tegas Bilang ke Anies Berulang Kali: Ente Tak Bisa Jadi Presiden Karena Bukan Orang Indonesia Asli
Refly Harun Tegas Bilang ke Anies Berulang Kali: Ente Tak Bisa Jadi Presiden Karena Bukan Orang Indonesia Asli
BENTENGSUMBAR.COM - Ahli hukum tata negara Refly Harun mengeluarkan pernyataan mengejutkan tentang kenyataan bahwa Gubernur DKI Jakarta saat ini Anies Baswedan tidak mungkin jadi presiden karena bukan orang Indonesia asli.

Refly Harun yang juga merupakan pengamat Politik itu mengatakan Anies Baswedan yang merupakan mantan Mendikbud dan calon presiden di Pilpres 2024 itu bukan orang Indonesia asli atau merupakan warga keturunan.

Refly Harun mengungkapkan kenyataan itu telah disampaikannya kepada Anies Baswedan berulang kali. 

Bahkan menurutnya dia sudah sering mengatakan hal kepada Anies yang memang belakangan disebut sebagai keturunan Timur Tengah khusunya orang Yaman.

Tetapi, ternyata apa yang diucapkan Refly Harun itu pada Anies yang juga mantan Rektor Universitas Paramadina itu adalah sebatas bercanda.

"Saya pernah bercanda dengan Anies dan saya sering mengulanginya, saya bilang Nies, ente tidak bisa jadi presiden, kenapa? Karena presiden orang Indonesia asli saya bilang," katanya sembari tersnyum seperti yang dikutip Hops.ID dari kanal Youtube Refly Harun pada Minggu, 8 Mei 2022.

Gurauan atau apa yang dilontarkan Refly Harun di depan Anies Baswedan tersebut menurutnya karena sebelumnya dalam Pasal 6 Undang-Undang dasar (UUD) 1945 dituliskan presiden harus orang Indonesia asli.

Padahal, kata dia, terminologi atau pengertian dari istilah orang Indonesia asli sempat belum tergambar secara jelas.

Baru setelah diadakan pembaruan pada UUD 1945 diubah aturan terkait pengertian terminologi orang Indonesia asli itu menjadi warga negara sejak keturunan dan tidak pernah menjadi warga negara lain karena kehendaknya sendiri.

"Makanya dalam konstitusi yang baru ya, Undang-Undang Dasar 1945 setelah amandemen itu diubah ketentuan indonesia asli itu menjadi warga negara sejak keturunan dan tidak pernah menjadi warga negara lain karena kehendaknya sendiri," jelasnya.

Sementara menanggapi sebutan Anies sebagai oang Yaman, Refly Harun mengatakan masyarakat harus memahami konsep citizenship.

Menurutnya, Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tsamara Amany, Najwa Shihab merupakan warga negara Indonesia asli sejak kelahirannya.

"Anies Ahok, Tsamara, Najwa Shihab itu adalah orang Indonesia asli karena dia menjadi warga negara sejak kelahiran bukan karena proses naturalisasi," ujarnya.

Bahkan, lebih lanjut Refly Harun mengatakan bahwa tidak ada orang asli Indonesia. Karena apabila ditelusuri dari awal penciptaan manusia, maka semua manusia secara universal merupakan keturunan Nabi Adam dan Siti Hawa.

"Kalau kita usut belakang-belakang, nggak ada orang Indonesia asli karena semua orang kan, bapak Nabi Adam, kalau kita bicara universal maka sama, keturunan Nabi Adam dan Siti Hawa," tukasnya.

Sementara itu, dia juga meminta agar yang menyebut Anies adalah sebahai orang Yaman harus memahami konsep citizenship.

“Jadi warga negara itu ada dua. Pertama, seorang warga negara sejak kelahirannya. Kedua, warga negara karena proses naturalisasi,” jelasnya.

Sumber: HopsID
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »