Anies Siap Borong Hasil Padi Petani Lampung, Harga Menguntungkan

BENTENGSUMBAR.COM - Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan kerja sama dengan daerah lain dalam rangka memenuhi ketersediaan pasokan dan harga beras terjangkau untuk warga ibu kota.

Salah satunya Pemprov DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan Provinsi Lampung untuk penanganan ketersediaan pangan.

Kerja sama ini dilakukan oleh BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Gapoktan Sari Makmur Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro Lampung Timur, Lampung.

Kerja sama ini melingkupi hasil di lahan seluas 150 hektare dengan produktivitas 6 ton per hektare. Sementara potensi hasil mencapai 900 ton GKP dan 450 ton beras.

"Jakarta berkontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar 17% dan menjadi salah satu daerah yang konsumsi pangannya sangat tinggi. Sehingga untuk memenuhinya, Jakarta harus berkolaborasi dengan daerah produsen (sentra produksi)," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Facebook-nya yang dikutip redaksi, Senin (13/6).

Anies mengatakan,PT Food Station Tjipinang Jaya akan menjadi standby buyer yang siap menyerap semua hasil panen dari Gapoktan Sari Makmur, baik berupa Gabah Kering Panen (GKP) dan Beras Pecah Kulit (PK), dengan harga yang menguntungkan petani.

"Saat panen, petani tidak perlu khawatir ke mana hasilnya akan dijual dan dengan harga berapa," kata Anies.

Menurut Anies, sebagai wujud konkret kerja sama, dalam kesempatan itu langsung direalisasikan pengiriman perdana beras Pecah Kulit Varietas Ciherang sebanyak 10 ton.

"Selain kerja sama @foodstation_jkt dengan Gapoktan Sari Makmur, Pemprov Jakarta melalui BUMD pangan yang lain juga melakukan kerja sama dengan Pemkot Metro Lampung," kata Anies.

Kerja sama tersebut antara lain pengiriman perdana 30 ekor sapi dan telur oleh Perumda Dharma Jaya serta pengiriman produk olahan makanan yang diproduksi UMKM setempat oleh Perumda Pasar Jaya.

"Hanya melalui kerja sama dengan sentra produksi, pasokan pangan bagi masyarakat Jakarta dapat terjamin. Semoga menjadi kolaborasi berkeadilan yang menguntungkan bagi kedua kota," demikian Anies.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »