PILIHAN REDAKSI

Sempat Teriak Minta Tolong, Wanita Tewas Bersimbah Darah di Indekos

BENTENGSUMBAR.COM - Seorang wanita penghuni kamar kos di Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Sela...

Advertorial

Bupati Padang Pariaman Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Nagari dan Lembaga Nagari

          Bupati Padang Pariaman Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Nagari dan Lembaga Nagari
Bupati Padang Pariaman Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Nagari dan Lembaga Nagari
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka penguatan kelembagaan yang ada di Nagari, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Nagari dan Lembaga Nagari se Kecamatan Padang Sago dan Nagari Toboh Ketek Kecamatan Anam Lingkuang bertempat di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, pada Jum'at (17/6) malam.

Hadir  Camat Padang Sago Zarmiati, Camat Anam Lingkuang Jonriswan, Kabag Prokopim Setdakab. Anesa Satria dan Ketua Forum Wali Nagari Padang Sago beserta perangkat Nagari dan anggota Kelembagaan Nagari yang ikut sebagai peserta Bimbingan Teknis.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan saat membuka Bimtek, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh forum Wali Nagari Kecamatan Padang Sago. Karena telah memikirkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di jajaran pemerintahan dan kelembagaan yang ada di Nagari.

"Diharapkan peserta Bimtek dapat mengikuti semua materi dan memahami untuk bisa diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas selaku aparatur nagari dan lembaga nagari. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan dengan biaya mahal ini, tidak terbuang sia-sia tetapi bisa dinikmati oleh masyarakat melalui layanan yang diberikan," ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur mengatakan, sebagai aparatur Pemerintah Nagari jangan mengharapkan pendapatan lebih. Karena tugas dan fungsi yang dilakukan adalah pekerjaan sosial kemasyarakatan, walaupun ada menerima honor tapi masih dibawah rata-rata.

"Agar aparatur Nagari memiliki kompetensi, perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan. Selanjutnya aparatur nagari mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di Nagari," jelas Suhatri Bur yang juga Ketua LPM Padang Pariaman.

Ketua Pelaksana Maswar menyebutkan  Bimtek  berlangsung selama tiga hari, diikuti peserta sebanyak 170 orang yang berasal dari 6 nagari di Kecamatan Padang Sago dan 1 nagari di Kecamatan Anam Lingkuang. 

"Para peserta Bimtek terdiri dari Perangkat Nagari dan wali korong, anggota Badan Permusyawatan (Bamus) Nagari, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kader PKK dan Karang Taruna di Nagari. Masing-masing Nagari mengirim 20 - 30 orang peserta," ujar Ketua Forum Wali Nagari Kecamatan Padang Sago itu.

Bertindak sebagai ygNarasumber pada Bimtek yang diselenggarakan selama tiga hari (17-19 Juni 2022) itu, Hendri Satria Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, M. Fadhly Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Hendra Aswara Inspektur Kabupaten Padang Pariaman, Dewi dari DPMD Provinsi Sumatera Barat dan Mak Katik yang akan memaparkan tentang adat istiadat salingka Nagari. (R/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »