Bupati Padang Pariaman Tinjau Langsung Pembangunan Jembatan Lubuak Napa

BENTENGSUMBAR.COM – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Kadis DPMD Hendri Satria, meninjau pelaksanaan pembangunan jembatan Lubuk Napa Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago, Selasa (7/6) sore.

Pembangunan jembatan Lubuk Napa yang sudah dimulai pengerjaannya sejak seminggu  lalu itu menghubungkan Kecamatan Padang Sago dengan Kecamatan VII Koto dan Patamuan sehingga merupakan akses penting bagi warga baik untuk ekonomi, sosial dan agama maupun pendidikan.

Berdasarkan perjanjian kontrak, waktu pengerjaan jembatan 180 hari kalender atau 6 bulan,  diperkirakan bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat pada   Desember 2022 mendatang.

“Kita sekarang alokasikan dana APBD Rp 6,2 Milyar lebih untuk tahun sekarang. Insya Allah Desember mendatang sudah bisa dimanfaatkan,” ujar Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, saat meninjau pelaksanaan pembangunan.

Suhatri Bur   juga didampingi Sekretaris Dinas PUPR Padang Pariaman Fauzil Irawadi, menyampaikan bahwa sebelumnya Pemkab Padang Pariaman sudah memperjuangkan pembangunan kembali jembatan tersebut di tingkat pemerintah pusat dengan nilai anggaran sekitar Rp 35 miliar.

Namun katanya, perbaikan menggunakan dana pemerintah pusat tersebut terkendala administrasi yaitu kerusakan jembatan akibat bencana tidak terdata di Pusat Pengendalian Operasi Bencana di Provinsi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta kejadiannya lebih dari 2,5 tahun sehingga tidak dapat direalisasikan.

“Karena itulah kita berkoordinasi dengan DPRD Padang Pariaman untuk memperbaiki jembatan tersebut,” ungkapnya lagi.

Suhatri Bur menegaskan,  hal ini dilakukan Pemkab Padang Pariaman karena tidak ingin lagi ada warga atau siswa yang jatuh saat melintasi jembatan darurat dengan lebar sekitar 80 sampai 100 centimeter hasil swadaya masyarakat untuk melintasi bagian jembatan yang rusak.

“Karena itu kami diskusikan dengan DPRD dan meminta Dinas PUPR menghitung perbaikannya, alhamdulillah 2022 jembatan itu kami selesaikan,” ujar Suhatri Bur yang juga mantan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Padang Pariaman ini.

Sementara itu, pembangunan rehabilitasi jembatan Lubuak Napa ini, dikerjakan oleh CV. Seipila Agung dengan Konsultan Perencana PT.Taru Nusantara serta Konsultan Pengawas CV.Parades Karya Consultan.(r/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »